HUT Kota Manokwari Ke 123, Pemda Manokwari Gelar Upacara Bendera dan Serahkan Sejumlah Bantuan

MANOKWARI, Kabartimur.com- Hari Jadi kota Manokwari yang ke 123 Tahun yang jatuh pada tanggal 8 november 2021 pemerintah kabupaten Manokwari menggelar upacara bendera yang digelar dihalaman kantor Bupati Manokwari Sogun (11/11/2021)

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou dan dihadiri oleh wakil bupati, sekda , unsur pimpinan Forkopimda kabupaten dan provinsi, pimpinan OPD kabupaten Manokwari, anggota legislatif dan unsur TNI Polri.

Pada peringatan hari jadi Manokwari diwarnai oleh penggunaan busana adat oleh wakil bupati, Drs Edi Budoyo, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Manokwari.

Selain itu, Pada hari yang sama perayaan HUT Kota Manokwari digelar resepsi yang dihadiri oleh para tokoh agama, toko pemuda, pimpinan partai Politik, unsur Porkopimda, anggota legislatif dan pemerintah provinsi Papua Barat dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Panitia, Alberth Simatuppang dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka menyemarakkan HUT kota Manokwari , panitia menggelar sejumlah kegiatan dan pada puncak peringatan jadi Kota Manokwari yang ke-123, Kamis (11/11/2021), diwarnai dengan pemberian bantuan kepada sejumlah elemen masyarakat.

Simatupang mengungkapkan bahwa Sebelumnya panitia telah melaksanakan sejumlah agenda kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Manokwari yang disatukan dengan Bulan Bakti Gotong Royong.

Di antaranya pelepasan tukik dan penanaman terumbu karang, serta pemberian bantuan seragam bagi murid SD dan SMP.

Selain itu, digelar pertandingan futsal Bupati Cup, pertandingan sepakbola Adolof Kabo Cup I, pemilihan ASN dan honorer teladan, serta lomba Yospan.

Sementara pada puncak peringatan hari jadi Kota Manokwari, Pemda menyerahkan sejumlah bantuan yakni, bantuan 10 gerobak jualan bagi mama-mama Papua yang merupakan CSR Bank Papua dan diterima secara simbolis oleh tiga perwakilan penerima.

Baca Juga :   Reaksi Bupati Manokwari Dituding Hambat Pelantikan Norman Jadi Wakil Ketua DPRD

Penyerahan insentif bagi empat kepala suku, serta bantuan pendidikan bagi 5 orang mahasiswa.

Penyerahan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap bagi 10 orang warga serta penyerahan bantuan seragam sekolah, peralatan tulis menulis dan peralatan mandi kepada anak-anak korban kebakaran Borobudur.

Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada tujuh orang ahli waris, yang diterima secara simbolis oleh ahli waris.

Penyerahan hadiah bagi juara lomba Yospan serta penyerahan hadiah dan piagam bagi 10 orang ASN dan 10 orang honorer teladan lingkup Pemkab Manokwari.

Penyerahan hadiah bagi juara lomba Yospan serta penyerahan hadiah dan piagam bagi 10 orang ASN dan 10 orang honorer teladan lingkup Pemkab Manokwari.

Bupati Manokwari dalam sambutannya menyampaikan bahwa Usia 123 tahun kota Manokwari merupakan rentang perjalanan yang cukup panjang , penuh romantika dan dinamika serta diwarnai dengan berbagai tantangan , Masalah dan bencana , namun semuanya dapat dilalui hingga saat ini karena tuntunan dan pertolongan Tuhan.

“Perayaan hari jadi kota Manokwari ke 123 tahun ini menjadi momen penting , untuk berupaya melihat masalalu menjadi pondasi yng sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan. Sekaligus ucapan syukur dan terima kasih serta penghormatan kita kepada para pejuang pembangunan kota Manokwari ini.
Perjuangan mereka selalu kita kenang” kata Bupati

Dengan demikian kata bupati setiap estape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna dan mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian dan responsif dengan tantangan kedepan sehingga kita berupaya mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berdasarkan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa sejarah masalalu.

Baca Juga :   IKT Manokwari Salurkan 800 lebih Paket Bama ke Anggotanya

” Untuk itu, momen hari jadi kota Manokwari ke 123 tahun jadikan momen inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan kota ini dengan karya dan prestasi kemudian Kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan. Dengan kerja keras serta merangkai dan merajut kebersamaan sebagai jati diri masyarakat Manokwari yang hidup diatas ke heterogenan” harap Bupati.

Menurutnya, spirit inilah Yang menjadi alasan kuat sehingga pemerintah mengusung tema perayaan hari jadi kota Manokwari ke 123 yaitu gelorakan semangat, kebersamaan diatas keheterogenan dengan tema Manokwari untuk semua , semua untuk Manokwari dengan sub tema dengan hari jadi ke 123 kota Manokwari kita junjung tinggi nilai-nilai sejarah dan budaya serta kearifan lokal sebagai jati diri masyarakat kabupaten Manokwari demi mewujudkan Manokwari yang berbudaya maju mandiri aman damai dan sejahtera.

“Tema ini hendaknya menginsipirasi semua pihak untuk bersama-sama mengukur dan memaknai sejarah dan kebangkitan kembali kota Manokwari melalui gerakan pembangunan yang spektakuler dimana pembangunan itu adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat yang berpedoman pada visi terwujudnya Kabupaten Manokwari menjadi pusat peradaban ditanah Papua dannibukota provinsi Papua barat yang religius , berbudaya, berdaya saing mandiri dan sejahtera” terang Bupati.

Bupati mengungkapkan, Visi inilah yang menjadi titik capaian dan titik tujuan dari proses pembangunan dengan merangkai gagasan, menterjemahkannya menjadi kinerja, membangun irama kebersamaan , melakukan adaptasi dan revitalisasi birokrasi, serta meramu strategi.

Baca Juga :   Miris! Berada di Ibukota Propinsi Papua Barat, 22 Tahun Warga di Dusun Mihij Prafi Belum Nikmati Listrik dan Pendidikan

‘Inilah sekelumit tantangan Pada saat awal kami memulai pemerintahan ini sebab tidak ada daerah yang miskin yang ada adalah daerah yang tidak terkelolah dengan baik” ujarnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan kurang lebih 9 bulan ini, bupati menyadari bahwa belum banyak hal yang dapat dilakukan oleh sebab itu ditengah suasana perayaan hari jadi kota Manokwari ke 123 tahun pihaknya menyampaikan beberapa pesan yakni mengajak warga masyarakat memaknai HUT kota Manokwari untuk bersatu membangun kota Manokwari sebagai kota peradaban, kota masuknya Injil di Tanah Papua dan sebagai ibukota Provinsi Papua barat.

Selain itu juga menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan persaudaraan dengan mengabaikan segala perbedaan, serta menciptakan Selalu kehidupan harmoni ditengah warga dengan irama kehidupan yang selaras dengan program pemerintah sebagi urat nadi Pembangunan dimasa kini maupun masa mendatang.

Bupati juga menyampaikan terimah kasih kepada lembaga legislatif, yudikatif, TNI POLRI atas kerjasama dan koordinasi yang harmonis dengan pemerintah sehingga roda pemerintahan dapat berjalan aman dan baik dan juga kepada seluruh stakeholder dari berbagai unsur atas dukungan dan partisipasinya.

“Rasa bangga untuk seluruh panitia berkat kerja keras dan dedikasi kerjasama dan semangat sehingg arangkaian seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan sukses dan mengapresiasi antusias warga masyarakat akan berbagai momen kegiatan lomba yospan, pertandingan Futsal Bupati cup, Adolof Kabo cup l dapat berjalan Maan dan tertib” tandas Bupati (Red/Lisna)

Pos terkait