HUT GKI Tanah Papua ke-66, Mambor Pastikan Penataan Situs Aitumieri Tetap Jalan meski Anggaran Terbatas

WASIOR – Hari ulang tahun ke-66 Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua di Kabupaten Teluk Wondama dirayakan dengan menggelar ibadah syukur meriah yang dihadiri ribuan jemaat.

Salah satunya dipusatkan di pelataran Batu Peradaban situs religi bersejarah Aitumeri di Miei Wasior, Rabu pagi (26/10/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor kembali mengajak semua pihak untuk ikut mendukung pembangunan atau penataan kembali situs bersejarah Aitumeiri.

Mambor menegaskan penataan situs Aitumieri atau juga dikenal dengan situs Batu Peradaban tetap dilakukan meskipun dengan anggaran yang ada masih terbatas.

“Tahun ini kita mulai menata kembali situs sejarah Aitumeiri. Dan kita mulai dari bangunan inti di atas (bekas rumah tinggal Pendeta Isaac Semuel Kijne).

Kita sudah mulai walaupun APBD kita kecil tapi sudah jadi komitmen kita, kita tetap akan membangun, “ucap bupati saat memberi sambutan usai ibadah syukur.

Baca Juga :   Jelang Ramadan, Dinas Perindagkop Sebut Stok Bapok di Wondama Aman Hingga Tiga Bulan ke Depan

Diketahui, Aitumeiri merupakan situs religi yang memiliki arti penting bagi orang asli Papua.

Selain menjadi pusat pewartaan Injil atau agama Kristen, Aitumieri juga menjadi tempat didirikan sekolah formal pertama yang membuat orang Papua bisa tahu menulis dan membaca yang sekaligus menandai lahirnya peradaban baru bagi orang Papua.

Meski dihadapkan dengan keterbatasan anggaran, bupati meyakini Tuhan akan mendatangkan berkat lewat caraNya sendiri. Salah satunya dari pemerintah pusat.

Mambor mengatakan dirinya telah mendapatkan informasi dari pejabat di Bappenas bahwa telah teralokasi anggaran dalam APBN 2023 untuk pembangunan Situs Aitumeiri.

“Dari nilai 126 miliar, turun 108 miliar, penetapannya angka sementara per hari ini 12 miliar tahun depan untuk bangun Aitumeiri. Tapi itu belum final jadi mohon dukungan doa dari kita semua. Itu bukti komitmen kita untuk menata kembali situs sejarah ini, “ujar orang nomor satu Wondama itu.

Baca Juga :   Menuju Kampung Digital, Kampung Tandia Buat Pelatihan Komputer bagi Aparat Kampung

Badan Pekerja Klasis GKI Wondama juga mengajak segenap umat GKI di Teluk Wondama mendukung upaya Pemkab menata kembali Situs Aitumeiri.

“Atas nama Sinode GKI dan Badan Pekerja Klasis GKI Wondama kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan juga semua pihak atas perhatiannya terhadap pembangunan Situs Aitumieri, “ujar Sekretaris BP Klasis GKI Wondama Pendeta Leo Rumansara. (Nday)

Pos terkait