Hari Kebangkitan Nasional, Mambor Dorong Generasi Muda Wondama Lahirkan Kreativitas dan Inovasi

WASIOR – Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Hendrik Mambor mengharapkan momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023 memotivasi generasi muda di daerah itu agar semakin giat berkiprah dalam berbagai bidang.

Mambor juga mendorong kaum muda Teluk Wondama agar dapat melahirkan inovasi-inovasi yang bisa membantu percepatan kemajuan daerah juga kesejahteraan masyarakat.

“Pada prinsipnya pemerintah daerah tetap akan memberikan dukungan karena memang itu tugas pemerintah untuk bagaimana melihat generasi muda agar bisa diangkat dalam berbagai hal sehingga bisa memiliki kontribusi, “kata Mambor.

Bupati menyampaikan hal itu usai upacara Harkitnas di lapangan apel kantor bupati Teluk Wondama di Isei, Senin (22/5/2023).

Mambor mencontohkan ada beberapa pemuda kreatif di Distrik Windesi yang menekuni kerajinan batik Papua secara mandiri.

Meski di hadapkan dengan berbagai keterbatasan, mereka tetap semangat untuk terus mengembangkan usaha kreatifnya itu.

Baca Juga :   DPRD Wondama Kejar Penyelesaian 5 Raperda, Termasuk Perda Pendidikan dan Perda Pasar Modern

Pemda kemudian memberikan dukungan berupa dana agar kerajinan batik Papua yang dirintis anak-anak muda di Windesi bisa terus berkembang.

Bupati mengatakan, kreativitas serta semangat pantang mundur seperti itulah yang harus dimiliki anak-anak muda Wondama.

“Ini contoh bagaimana kesiapan pemuda untuk menopang pembangunan. Dalam hal lain kita tentu berharap pemuda bisa terlibat dalam berbagai sektor pembangunan.

Entah itu yang terkait langsung dari pemerintah turun ke bawah tetapi juga kita harapkan dari kreativitas pemuda itu sendiri, “kata kepala daerah.

“Jadi perlu ada semangat (generasi muda) untuk bangkit dengan tentunya hal-hal yang positif, “lanjut mantan Kepala Bappeda Teluk Wondama itu.

Komandan Kodim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi juga mengharapkan anak muda di daerah itu terus mengasah potensi diri agar bisa memberikan sumbangsih bagi daerah.

Baca Juga :   Program Kesehatan Paslon A2 : Ibu Hamil dan Lansia dapat Tunjangan, Rawat Inap RSUD Wondama Setara Kelas I

Generasi muda, kata Dandim harus bisa tampil sebagai motor pembangunan di berbagai bidang.

“Kami harapkan tidak ada kata terlambat, tidak ada kata sudah lewat. Tapi sama-sama bagaimana untuk meningkatkan baik itu dari segi ekonomi juga olahraga sehingga dengan kegiatan-kegiatan positif itu maka generasi mud akita akan terhindar dari hal-hal negatif, “pesan Letkol Budi.

Harkitnas ke-115 di Kabupaten Teluk Wondama dirayakan dengan upacara bendera yang dihadiri para PNS Pemkab Teluk Wondama juga dari instansi vertikal serta personel TNI/Polri.

Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 1811/Peradaban Letkol Inf Budi Setiadi dan pemimpin upacara Danramil Wasior Kapten Inf Martinus Tesia.

Selain bupati dan Dandim, turut hadir Sekda Denny Simbar bersama sejumlah besar pejabat pimpinan OPD juga anggota DPRD. (Nday)

 

Pos terkait