Gubernur PB Menilai Kuantitas dan Kualitas Jalan di Papua Barat Belum Memadai

  • Whatsapp

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyebut, kuantitas dan kualitas jalan di Papua Barat belum memadai, hal itu dilontarkan oleh Gubernur saat membuka Rakornis bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat tahun 2020, yang berlangsung pada Rabu (26/02).

Gubernur menilai bahwa Presentase wilayah kabupaten/kota di Papua Barat yang terhubung dengan jaringan jalan masih kurang, yakni hanya sebesar 42,15 persen. Kuantitas dan kualitas jalan juga belum memadai terutama ke daerah-daerah yang memiliki potensi besar baik di sektor pariwisata, pertanian dan perkebunan. Seperti akses jalan dari Pegaf ke Manokwari.

Tidak hanya itu, masih banyak jalan provinsi yang dalam status rusak dan belum optimal penanganannya.

Gubernur menyebut, sepanjang 2.309 KM jalan yang berada dibawah kewenangan provinsi, hanya 638 KM atau 27,6 persen yang sudah diaspal dan dalam kondisi baik. Sedangkan 1.671 KM atau 72,4 persen masih berupa jalan tanah dan dalam kondisi rusak.

Selain itu, pemeliharaan saluran irigasi di 11 wilayah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Papua Barat belum optimal.

“Ini tidak terlepas dari kondisi geografis Papua Barat yang cukup sulit sehingga telah mengakibatkan tingginya indeks kemahalan konstruksi, yang berakibat pada tingginya biaya pembangunan infrastruktur fisik di daerah. tetapi harus segera cari solusinya, dan selesaikan. Penanganannya harus serius dan ditindak lanjuti secara teknis” Harap Gubernur. (AG)

Pos terkait