Gelar Sosialisasi, Bawaslu Ingatkan Panwas Distrik Perkuat Pengawasan Rektrutmen PPD

  • Whatsapp

WASIOR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengawasan Pilkada 2020 bagi Panwas Distrik atau kecamatan, Jumat.

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kapasitas dan kompetensi Panwas Distrik sehingga mampu menjalankan fungsi pengawasan Pilkada dengan baik dan efektif. Terutama dalam rangka mengawasi proses rekrutmen anggota panitia pemilihan distrik (PPD) oleh KPU Teluk Wondama.

Selain Ketua Bawaslu Menahen B. Sabarofek, ikut hadir dalam acara pembukaan Ketua KPUD Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi, Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani serta anggota Bawaslu lainnya Epianus Rawar.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Menahen Sabarofek menekankan kepada jajaran Panwas Distrik agar memahami dengan baik setiap aturan perundang-undangan tentang kepemiluan. Hal itu penting agar para pengawas bisa mengawasi dengan baik setiap tahapan Pilkada terutama dalam rekrutmen PPD.

“Harapannya teman-teman dapat menjadi pengawas pemilu yang berintegritas dan dapat mengawasi tahapan pemilu kepada daerah dan wakil kepada daerah dengan baik, “ kata Sabarofek.

Sabarofek memastikan, pihaknya akan mengawasi pelaksanaan penerimaan anggota PPD sejak dari tahap pendaftaran sampai dengan pelantikan nanti. Dia menyebut, Bawaslu telah memiliki database yang berisi daftar keanggotaan semua partai politik di Wondama.

Database itu nantinya akan disandingkan dengan data hasil seleksi calon anggota PPD dari KPU untuk mengecek ada tidaknya calon anggota PPD yang terafiliasi dengan partai politik tertentu.

“Sehingga kalau ada terbukti dia terlibat dalam Parpol maka sudah barang tentu orang tersebut tidak akan direkrut, “ ujar alumni Universitas Sam Ratulangi Manado ini. (Nday)

Pos terkait