Empat Bulan Gaji Guru Honorer Belum Terbayar.

  • Whatsapp

HALTIM,Kabartimur.Com – Sejumlah tenaga guru Honorer TK,SD,SMP, mempertanyakan kepastian pembayaran gaji yang sudah memasuki bulan ke empat tahun ini namun belum juga dibayarkan pemerintah daerah Halmahera Timur.

Kepada wartawan, salah satu tenaga guru honor yang namanya enggan di publis, mempertanyakan komitmen pemerintah daerah (Pemda) Halmahera Timur yang sebelumnya menjanjikan pembayaran gaji tenaga guru setiap bulan berjalan, namun faktanya para guru honor hingga saat ini belum juga menerima gaji dari pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

” Sebelumnya dijanjikan pembayaran gaji honor itu setiap bulan, tetapi sudah empat bulan berjalan ini tidak kunjug di bayar,” keluhnya, Kamis ( 14/04/2022).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan, Beny Sutarman, mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan dalam pembayaran gaji tenaga honor para guru itu, mulai dari penandatanganan kontrak alias Memorandum Of Understanding dan perlengkapan administrasi para guru.

“Sudah kami lakukan MOU dengan para tenaga honor, kami juga minta untuk melengkapi berkas baik rekening, ijazah maupun kartu vaksin, dan tahapan itu sudah selesai,” katanya.

Kata dia, setelah dilakukan penginputan, pihaknya telah memasukan pengajuan permohonan gaji tenaga honorer ke BPKAD sehingga saat ini usulan tersebut sudah diproses di Dinas Keuangan.

” Jadi sekarang sudah ada di keuangan tingga dilakukan penyaluran saja,” jelasnya.

Dikatakan, sebagaimana hasil konfirmasi, proses pembayaran gaji dipastikan tidak akan lama lagi, karena seluruh administrasi sudah lengkap. ” Saya sudah perintahkan kepala seksi untuk cek, dan mungkin satu atau dua hari kedepan sudah bisa terbayarkan,” ujar Beny.

Lanjutnya, Kadis pendidikan juga mengakui ada keterlambatan pada proses penandatanganan kontrak bersama para tenaga guru sehingga terjadi keterlambatan pada penyaluran gaji.

” Mudah-mudahan secepatnya terbayarkan, memang kemarin kita sedikit terlambat saat penandatangan kontrak,” pungkasnya.
(Red/Ruslan ).

Pos terkait