Dukung Pelaksanaan Ujian ANBK , Pemda Manokwari Serahkan Bantuan 20 Unit Laptop Kepada Yayasan Al Mustafa Madrasah Ibtida’iyah Ibnu Khaldun

MANOKWARI, Kabartimur.com – Dalam rangka mendukung pelaksanaan ujian assessment nasional berbasis komputer ( anbk) tahun pelajaran 2002/2023 pemerintah daerah menyerahkan bantuan sebanyak 20 unit laptop kepada yayasan Al Mustafa Madrasah Ibtida’iyah Ibnu Khaldun di jalan Trikora Wosi- kampung Makassar, Sabtu (22/10/2022).

Bantuan Laptop tersebut langsung diserahkan Bupati Manokwari, Hermus Indou di kantor yayasan yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis dan penandatanganan berita acara

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam penyampaiannya berharap agar bantuan tersebut bisa menjadi penunjang kinerja yayasan dalam mengembangkan pelayanan pendidikan terhadap masyarakat.

Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia merupakan bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional Indonesia sebagaimana bangsa Indonesia memiliki tantangan besar dalam mengejar ketertinggalan atas kemajuan bangsa dimana saat ini pembangunan bangsa yang maju dan mandiri mengharuskan pengembangan konsep pembangunan berbasis SDM.

Baca Juga :   Dianiya Didepan Aparat, Korban dan Keluarga Minta Polisi Profesional Tangani Kasus Pengrusakan Rumah di Belakang Aston Niu

“Oleh karena itu dapat kita lihat di sini, sumber daya manusia menjadi faktor utama penentu kemajuan pembangunan bangsa” kata bupati.

Bupati mengungkapkan bahwa tantangan besar berikutnya yang harus dihadapi lagi adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan produktivitas.

‘Sekitar 10 tahun kedepan, populasi dalam masyarakat akan didominasi oleh golongan dalam usia produktif 15-64 tahun” ujarnya.

Disamping itu, menjadi peluang besar bagi negara dalam meningkatkan performa ekonomi industri untuk menjadi pekerjaan rumah besar dalam mempersiapkan golongan produksi ini menjadi tenaga siap kerja yang mampu meningkatkan performa ekonomi negara.

Bupati menjelaskan bahwa rendahnya tingkat pendidikan akan diikuti implikasi negatif terhadap kemajuan pembangunan bangsa, baik dari sisi sumber daya manusia maupun dampak terhadap kemajuan perekonomian wawasan, keterampilan dan pengetahuan yang kurang memadai menjadi penyebab utama sumber daya manusia memiliki daya saing dan kompetensi yang rendah di dunia kerja .

Baca Juga :   Pemda Manokwari Raih Penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat

“Faktor inilah yang harus mulai kita eliminasi melalui peningkatan kualitas dan keterjangkauan akses terhadap pendidikan” harapnya.

Dengan pemberian bantuan ini menjadi satu langkah yang patut disambut secara positif karena membuka pintu bagi peningkatan keterjangkauan akses terhadap pendidikan.

“Saya berharap pemberian bantuan ini dapat menambah semangat bagi yayasan Al Mustafa Manokwari untuk senantiasa meningkatkan kinerja dalam memberdayakan masyarakat untuk menunjang penuntasan wajib belajar” harap Bupati.

“Ilmu merupakan jembatan bagi masa depan maka perkolateris jembatan agar seberat apapun beban yang melewatinya, jembatan itu akan terus tegak berdiri menuju jalan yang benar” pungkas Bupati mengakhiri sambutannya. (Red/VR)

Pos terkait