Cegah Stunting, PKK Wondama Salurkan Makanan Tambahan bagi Balita dan Ibu Hamil di Distrik Nikiwar

WASIOR – Tim Penggerak PKK Kabupaten Teluk Wondama terus mendorong masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan serta tumbuh kembang anak-anak termasuk ibu hamil.

Hal itu penting dalam rangka mencegah sekaligus menurunkan angka stunting di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu.

Salah satunya melalui pemberian paket makanan tambahan untuk anak-anak dan ibu hamil di Distrik Nikiwar, Rabu, 26 Juli 2023.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Teluk Wondama Ny Sri Maryanti Mendila Mambor menegaskan,  anak-anak Wondama harus mendapatkan asupan gizi yang baik agar terhindar dari gizi buruk yang bisa menyebabkan anak menjadi stunting.

Uhtuk itu, melalui  pemberian  makanan tambahan, diharapkan masyarakat terutama para orang tua dapat lebih memperhatikan asupan gizi bagi anak-anak mereka.

Termasuk gizi bagi calon bayi yang masih di dalam kandungan ibu.

Baca Juga :   63 Motor Terjaring Operasi Keselamatan Mansinam 2023 di Wasior, Mayoritas Tidak Pakai Helm

“Mari kita bersama-sama memperhatikan asupan gizi anak-anak kita sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas, sehingga ke depannya dapat menjadi pemimpin di daerah ini, “kata Yanti saat memberikan sambutan.

Yanti menyatakan Pemda bersama dengan PKK sangat serius dalam upaya mencegah  sekaligus menekan kasus stunting di Kabupaten Teluk Wondama.

Karena itu dia mengharapkan masyarakat ikut berperan aktif dengan membangun pola hidup sehat dalam keluarga. Secara khusus yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak.

“Mama-mama yang baru melahirkan perhatikan anak, kasih ASI yang baik, kasih ikan, sayur. Jangan banyak makan jajan-jajan kios saja.

Jajan kios gizinya kurang, tapi kalau kita kasih ikan, telur, daging, susu dan sayuran pasti anak-anak akan sehat dan pintar, “pesan istri Bupati Hendrik Mambor itu.

Yanti juga mengajak pemerintah distrik dan kampung bersama warga agar rutin mengadakan Posyandu untuk bisa mengetahui perkembangan pertumbuhan anak-anak.

Baca Juga :   Usung 40 Persen Caleg OAP, PKS Target Tiga Kursi DPRD Teluk Wondama

Demikian pula bagi ibu hamil agar secara berkala memeriksakan diri ke Puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya untuk mencegah kasus anak stunting.

Pesan serupa juga disampaikan Bupati Hendrik Mambor. Orang nomor satu Wondama itu mengimbau para orang tua agar memperhatikan tumbuh kembang anak-anak terutama asupan gizi.

“Orang tua harus perhatikan perkembangan anak dengan memberikan makanan yang baik, yang bergizi. Tidak harus yang mahal, yang penting ada sayur, ada ikan yang ada di alam tapi harus pastikan bersih, “kata Mambor.

Selain TP PKK Kabupaten, turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Persit Kodim 1811/ Peradaban Ny Budi Setiadi juga Wakil Ketua Bahyangkari Polres Teluk Wondama Ny Welhelmus  Tiwo. (Nday)

 

 

 

Pos terkait