Buka Musrenbang Distrik, Wabup Indubri Tegaskan Orang Wondama Harus Sekolah Baik agar Punya Daya Saing

  • Whatsapp

WASIOR – Wakil Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Paulus Indubri menyatakan pengembangan sektor pariwisata dan kelautan yang menjadi potensi unggulan Teluk Wondama sejauh ini belum maksimal. Sebab utamanya ada pada kesiapan sumber daya manusia.

“Kita punya SDM belum mendukung pengembangan potensi daerah terutama pariwisata. Termasuk SDM masyarakat lokal. Ke depan yang penting itu bagaimana kita siapkan daya saing, kompetensi dan kapasitas kita karena orang akan bergerak ke wilayah pesisir ini, “ kata Indubri sewaktu membuka Musrenbang Distrik Rasiei di kantor distrik setempat, Rabu.

Menurut Indubri, bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam perencanaan pembangunan ke depan adalah mempersiapkan SDM anak-anak Wondama sendiri. Pembangunan SDM harus dilakukan secara serius dan berkelanjutan sehingga pada akhirnya bisa menghasilkan generasi penerus Wondama yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Baca Juga :   Covid-19 di Wondama Bertambah 7 Kasus, Kampanye Pilkada Harus Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

“Orang Wondama harus sekolah bagus. Mau bicara banyak dong bilang kitong makan daun lagi, tidak bisa kalau tidak sekolah. Saya harap Dinas Pendidikan lebih cerdas. Jangan biarkan masyarakat kita tumbuh dalam kebutaan, tidak tahu baca, tidak tahu hitung , tidak tahu tulis dan tidak tahu menyanyi, “ tandas orang nomor dua Wondama ini.

Dia berharap melalui forum Musrenbang distrik dan selanjutnya musrenbang tingkat kabupaten dapat dirumuskan prioritas-prioritas pembangunan yang mengarah pada peningkatan kompetensi dan daya saing orang Wondama ke depan. Lebih khusus pada sektor prioritas seperti pariwisata dan kelautan.

“Karena itu kepala OPD harus berpikir cerdas dan kritis. Upayakan semua anak harus sekolah. Upayakan anak dan ibu itu sehat. Upayakan kematian bayi terus ditekan dan kesehatan ibu didorong terus naik. Saya harap kita mulai ini dengan baik supaya kabupaten ini bisa menjadi mandiri ke depan, “ pesan lulusan Universitas Cenderawasih Jayapura ini. (Nday)

Baca Juga :   Nikmatnya Mandi Matahari di Pulau Terapung Womaduri

Pos terkait