BPS PB Siap Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020

  • Whatsapp

MANOKWARI-Peringatan  Hari Statistik Nasional (HSN) Ke- 59 Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat mengaku siap mensukseskan Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Bidang IPDS Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat, Bona Ventura Hardi, S.ST di selah-selah  perayaan HSN ke- 59 mengungkapkan bahwa Badan Pusat Statistik merupakan Lembaga Non Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Lanjut Hardi, sebelumnya BPS merupakan Biro Pusat Statistik yang dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 6 tahun 1960 tentang sensus dan Undang-undang nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 26 September, secara Nasional di Seluruh Indonesia.

“Tanggal 26 September merupakan hari jadi kami, dan pertama kali Undang-undang Statistik dibuat pada tahun 1960 serta Keputusan Presiden Indonesia, sehingga setiap tahun dirayakan dengan nama Hari Statistik Nasional atau HSN.” Ujar Hardi, Kamis (26/9/19).

Secara Nasional pihaknya telah mulai melakukan persiapan menyongsong Sensus Penduduk yang adalah merupakan event 10 tahunan pada 2020 mendatang.

Selain itu sesuai amanat Kepala BPS Republik Indonesia bahwa mulai dari sekarang setiap daerah diharuskan mengolah data, meningkatkan profesionalisme serta mengikuti perkembangan zaman.

“Amanat Kepala BPS Pusat juga sudah jelas bahwa perlu adanya peningkatan profesionalisme, pengolahan data dan terutama mengikuti perkembangan zaman pada era Big Data atau Teknologi 4.0 saat ini.” tandasnya. (sgf)

Pos terkait