APK Masih Bertebaran di Masa Tenang, Bawaslu Wondama Sesalkan Rendahnya Kesadaran Parpol

  • Whatsapp

WASIOR – Meski telah memasuki masa tenang namun alat peraga kampanye (APK) masih banyak bertebaran di kota Wasior dan sekitarnya.

Penyisiran yang dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat bersama Satpol PP dan petugas kepolisian, Minggu (14/4), mendapatkan masih banyak APK yang tetap dibiarkan terpasang sehingga langsung dilakukan pembersihan.

Ketua Bawaslu Teluk Wondama Menahen B. Sabarofek yang memimpin langsung pembersihan APK menyayangkan sikap partai politik maupun peserta pemilu lainnya yang terkesan tidak peduli.

Padahal dalam ketentuan sudah diatur bahwa seluruh APK wajib diturunkan pada masa tenang. Pihaknya juga telah melayangkan surat tertanggal 13 April kepada semua parpol agar membersihkan setiap APK yang telah dipasang.

“Dari hasil kita jalan tadi khususnya di dapil I dan dapil II masih banyak sekali (APK) yang kami lepas. Ini menandakan bahwa kesadaran parpol dan peserta pemilu itu sangat kurang, “ ujar Mena.

Bawaslu berharap semua pihak terutama partai politik, tim sukses dan para caleg benar-benar menjaga situasi tetap kondusif di dalam masa tenang ini dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa mencederai nilai dan asas demokrasi.

“Partai politik pasti semua sudah tahu bahwa dalam masa tenang itu tidak boleh ada kampanye lagi dalam bentuk apapun. Jadi kita harapkan ke depan dalam pemilu yang akan datang, parpol dan peserta pemilu bisa memiliki kesadaran yang lebih baik lagi, “ kata Mena.

Sesuai pantauan, pembersihan APK dilakukan hingga mencapai pukul 21.00 WIT. Namun karena jumlah APK yang cukup banyak sehingga belum semua wilayah bisa didatangi. Rencananya pembersihan akan dilanjutkan pada hari berikutnya. (Nday)

Pos terkait