Pemkab Manokwari Serahkan Bantuan Gerobak Dorong Bagi PKL

  • Whatsapp

MANOKWARI- Pemkab Manokwari melalui dinas Perindakop dan UKM, menyerahkan bantuan gerobak dorong, lapak jual pinang kepada pedagang kaki lima (PKL) dan asongan di Manokwari. Selain itu juga diberikan alat cuci motor dan mobik kepada orang asli papua (OAP). Bantuan bersumber dari Dana Otonomi Khusus Papua Tahun Anggaran 2018.

Bantuan diserahkan Wakil Bupati Manokwari , Edi Budoyo di Halaman kantor perindakop dan UKM kabupaten Manokwari, Selasa, (9/4).

Kepala Dinas Perindakop dan UKM kabupaten Manokwari, Rosita Watofa mengatakan ada 15 Gerobak buah yang disalurkan di dua lokasi yakni Muliono dan Marampak. Lapak Pinang  sebanyak 15 buah, dan alat cuci motor dan mobil kepada 10 kelompok.

Dijelaskan Watofa, bahwa bantuan tersebut sasarannya adalah pengusaha OAP karena sumber anggarannya dari dana Otsus 2018.

Watofa berharap bantuan tersebut mampu memberikan yang terbaik kepada pengusaha OAP dalam menjalankan dan memajukan usahanya.

“Bantuan yang disalurkan membutuhkan pendampingan agar dalam penggunaannya sesuai ” kata Watofa.

Wakil Bupati dalam penyampaiannya mengatakan bahwa bantuan tersebut sebagai  stimulan  upaya memajukan  industri kecil  menengah  di kabupaten Manokwari. Juga sebagai bentuk  implementasi  dalam upaya  memberdayakan rakyat yang sejahtera  dan mandiri ekonominya, mapan diatas  tanahnya atau negerinya sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

“Selaku pemerintah daerah, saya menyambut baik pelaksanaan  penyerahan bantuan gerobak dorong, lapak jualan pinang serta mesin cuci motor dan mobil,” kata Budoyo.

Budoyo menambahkan, pemerintah memberikan hak yang sama bagi setiap  masyarakat untuk terlibat dalam pemerataan pembangunan  dan pertumbuhan ekonomi guna  mengembangkan usaha ekonomi produktifitas masyarakat.

” Bantuan ini merupakan  program berkelanjutam   yang diberikan secara bertahap   sesuai kemampuan  dana yang ada dan yang diberikan bantuan adalah  yang telah terdata  di dinas Perindakop dan UKM Manokwari. Yang belum akan diupayakan pada tahun tahun mendatang.

Budoyo berharap  kepada instansi  teknis tidak hanya memberikan  bantuan dana akan tetapi  juga melakukan pembinaan dan pemdampingan secara berkala terhadap para penerima  bantuan. Juga melakukan monitoring  terhadap pengusaha   mikro penerima bantuan sehingga usaha ekonomi produktif  masyarakat OAP dapat sukses dan berhasil sesuai dengan harapan bersama.

Pos terkait