154 KK di Kampung Maniwak Terima BLT Dana Desa, Terbanyak di Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kampung Maniwak Distrik Wasior Kabupaten Teluk Wondama mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa kepada warga terdampak virus corona atau Covid-19.

Sebanyak 154 KK terdaftar sebagai penerima BLT sebesar 600.000 perbulan sehingga total dana yang tersalur adalah sebanyak Rp92.400.000. Jumlah penerima BLT di kampung Maniwak menjadi yang terbanyak dari seluruh kampung/desa di Kabupaten Teluk Wondama.

“Di Kampung Maniwak ada 154 KK yang menerima BLT. Ini yang terbesar untuk Kabupaten Teluk Wondama karena memang Maniwak penduduknya paling banyak, “ ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Hendrik Rico Tetelepta pada acara penyaluran BLT tahap I di kantor kampung Maniwak, Kamis.

Adapun prosedur penetapan mereka yang berhak menerima BLT dana desa, jelas Tetelepta, diawali dengan pendataan warga yang oleh relawan Covid-19 tingkat kampung. Data warga yang diambil tim relawan kemudian divalidasi bersama dalam forum musyawarah kampung khusus (Muskamsus) yang dihadiri warga kampung.
Setelah disepakati data tersebut kemudian disahkan dalam forum Muskamsus dan selanjutnya ditetapkan dalam keputusan kepala kampung.

“Di Maniwak ini saya dengar sudah lakukan Muskamsus sampai 4 kali karena perlu validasi data karena Maniwak ini memang jumlah penduduk banyak. Kalau ada yang masih belum terdata harapannya mereka bisa diakomodir dengan bansos dari APBD, “ ujar eks Kepala Bappeda Wondama itu.

Dia menambahkan, Maniwak merupakan kampung ke-73 dari 75 kampung di Wondama yang telah melakukan penyaluran BLT dana desa tahap I. Dua kampung yang belum menyalurkan BLT tahap I adalah Yawore di Distrik Naikere dan Menarbu Distrik Roon.

“Jumlah penerima BLT di 75 kampung di Teluk Wondama adalah 3.677 KK. Itu sudah melalui verifikasi dan disahkan dengan keputusan kepala kampung, “ sebut Tetelepta.

Kepala Distrik Wasior Antonius Alex Marani dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada aparat kampung juga relawan Covid-19 Kampung Maniwak yang telah bekerja keras mulai dari pendataan awal, validasi hingga pencairan dana dan juga penyaluran secara tunai dengan sistim door to door ke rumah warga yang menerima.

Termasuk pula terhadap kegiatan pencegahan Covid-19 yang telah dilakukan relawan Kampung Maniwak sejak bulan April lalu.

“Saya mengharapkan kepada relawan agar tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, “ ucap Alex Marani. (Nday)

Pos terkait