Wondama Tambah 13 Kasus Baru, Sebagian Merupakan PNS dan Petugas Medis

  • Whatsapp

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama kembali mencatatkan penambahan kasus harian virus corona atau Covid-19 yang menembus dua digit.

Per 30 November 2020 terdapat tambahan kasus positif baru sebanyak 13 orang. Dengan demikian jumlah kasus positif Covid-19 secara keseluruhan menjadi 159 kasus.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan menjelaskan 13 kasus baru tersebut sebagian besar merupakan kontak erat kasus positif yang ditemukan sebelumnya.

Total ada 64 kontak erat yang diperiksa sampel swab-nya dengan rincian 59 sampel diperiksa dengan PCR di RS Provinsi Papua Barat di Manokwari dan 5 sampel diperiksa dengan TCM di RSUD Teluk Wondama.

Hasilnya untuk 5 sampel yang diperiksa TCM di RSUD Teluk Wondama ditemukan 1 orang positif. Sementara untuk 59 sampel yang diperiksa dengan PCR di Manokwari ditemukan 12 positif.

Adapun pengambilan 59 sampel itu dilakukan oleh Puskesmas Wondiboi pada 25 November lalu. Dari 13 kasus baru itu, jelas Yoce, beberapa di antaranya merupakan petugas medis serta PNS Pemkab Wondama.

“(12 kasus positif yang diperiksa Puskemas Wondiboi) dengan alamat 10 dari distrik Wasior dan 2 orang dari distrik Wondiboi. Mereka diperiksa itu pengambilan swab tanggal 25 sudah 5 hari yang lalu. Sementara kami belum dapat laporan apakah mereka itu ada gejala atau tidak, “kata Yoce dalam keterangan pers di Manggurai, Wasior, Senin malam.

Secara prosentase, ujar Yoce, temuan 12 kasus positif dari 59 sampel yang dikirim ke Manokwari merupakan angka yang relatif tinggi karena mencapai 20 persen lebih.

Jumlah itu kata dia, seharusnya menjadi alarm bagi masyarakat Teluk Wondama untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol Kesehatan.

“Hasilnya ini 20 persen. Jadi mohon gerakan untuk melakukan protokol kesehatan itu harus selalu dilaksanakan, kalau tidak kita akan tumpah seperti sekarang ini,”ucap Direktur RSUD Teluk Wondama itu.

Sementara itu kasus sembuh di Wondama juga terus bertambah. Per 30 November pasien yang dinyatakan sembuh telah mencapai 93 kasus di mana pada Senin kemarin terdapat tambahan 2 kasus sembuh.

Dengan demikian kasus aktif yang masih menjalani perawatan baik di ruang isolasi RS maupun yang isolasi mandiri di rumah adalah 62 orang. (Nday)

Pos terkait