Sudah Ditransfer, 7 Kampung di Wondama Siap Cairkan Dana Desa Tahap I

  • Whatsapp

WASIOR – Sebanyak 7 kampung dari 75 kampung di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat telah menerima transfer dana desa tahap pertama tahun 2020.
Dana Desa tahap pertama sebesar 40 persen dari total dana yang diterima masing-masing kampung telah dipindahkan dari rekening kas umum negara ke rekening kas desa di BRI Unit Wasior.

“Pada tanggal 13 Maret 2020 Dana Desa telah ditransfer dari rekening kas umum negara ke rekening kas desa di Bank BRI Wasior sebesar Rp2.710.098.000 untuk 7 kampung di Kabupaten Teluk Wondama, “ ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Hendrik Rico Tetelepta di Wasior, Minggu.

Dikatakan Tetelepta, tujuh kampung tersebut telah menyerahkan semua dokumen yang menjadi persyaratan pencairan Dana Desa.

Yakni, peraturan bupati tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa untuk setiap desa, dokumen APBDes, surat kuasa pemindahbukan dana desa oleh bupati, surat pengantar dan surat pernyataan kebenaran permintaan penyaluran. Adapun pencairan dana desa tahap pertama dilakukan mulai Januari hingga paling lambat Juni 2020.

“Kampung-kampung lain akan menyusul dalam minggu ini, “ ucap Tetelepta sembari menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan OPD terkait yang telah mendukung percepatan pencairan dana desa 2020.

Untuk diketahui di tahun 2020 Pemkab Teluk Wondama mendapatkan kucuran Dana Desa dari APBN sebesar Rp74.563.212.000. Selain dari APBN, Pemkab Wondama juga menggelontorkan dana dari APBD sebesar Rp52.194.225.000. Sehingga di tahun ini semua kampung di Wondama menerima kucuran dana antara 1,5 miliar hingga 2 miliar per kampung. (Nday)

Pos terkait