STKIP Muhammadiyah Manokwari Diharapkan Mampu Membangun Karakter Dalam Menciptakan Generasi Muda yang Unggul

MANOKWARI, kabartimur.com- STIKP Muhammadiyah Manokwari merupakan salah satu sekolah di Manokwari yang sedang mendidik calon guru untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk membangun karakter bangsa demi menciptakan generasi muda yang unggul

Hal tersebut disampaikan bupati Manokwari
dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II, Harjanto Ombesapu pada acara peringatan hari Milad Ke-16 Tahun di Kampus STKIP Muhammadiyah Manokwari, Jl. Trikora Arfai 1 Manokwari – Papua Barat, Rabu (17/03/2023).

“Jika STKIP Muhammadiyah Manokwari berhasil mencetak guru yang profesional maka saya percaya, kualitas pendidikan akan semakin meningkat dan lebih baik terlebih khusus di kabupaten Manokwari dan syarat utama untuk mencetak guru adalah semua pihak di STKIP Muhammadiyah harus terus berbenah” Kata Harjanto

Menurutnya, dengan peningkatan mutu pendidikan, maka akan membantu pemerintah untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan dan meminimalisir angka pengangguran yang ada di Indonesia terutama pada masalah-masalah kompleks yang dihadapi pada saat ini yaitu pemerataan kualitas pendidikan, permasalahan kesehatan pada tingginya kasus stunting di Indonesia dan permasalahan-permasalahan lainnya yang diharapkan dapat diselesaikan oleh generasi-generasi unggul di Papua.

Baca Juga :   Membandel, PT. FMI kembali Beraktifitas Penambangan Pada Malam Hari.

Senada, Novita Erni Hendrwati, selaku ketua panitia Milad ke-16 STKIPMM menjelaskan bahwa dalam bidang pendidikan, guru atau pendidik ataupun calon tenaga pendidik kelas memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup di abad 21atau abad keterbukaan/globalisasi.

Novita menyebut, dalam memeriahkan hari Milad Ke-16 STIKPMM pihaknya mengadakan berbagai kegiatan lomba yang dimulai tanggal 8-13Mei 2023 diantaranya ada lomba membuat taman prodi, bola voli, lomba promosi kampus melalui Tik tok, tari kreasi, paduan suara, MC, lomba rangking 1 tingkat sekolah dasar se-kabupaten Manokwari, lomba pidato tingkat sekolah menengah atas se-kabupaten Manokwari.

Segmentara Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari Hawa hasan S.Sos., M.Pd ,dalam sambutannya mengungkapkan bahwa STKIPMM sudah berstatus akreditasi baik .

“Lima program studi diantara ada PGSD, pendidikan biologi,pendidikan bahasa dan sastra Indonesia ,pendidikan bahasa Inggris dan pendidikan matematika”

Baca Juga :   Banjir Jayapura, KKAMTĀ  Manokwari Galang Dana Spontanitas

Dengan tenaga dosen yang sudah sertifikasi sebanyak 19 orang dari 27 orang dosen tetap dan yang lainnya dalam proses pengajuan untuk jumlah mahasiswa yang terdaftar di PD Dikti sebanyak 1446 mhsw 80% anak putra daerah, dan sampai tahun akademik 2021/2022 telah meluluskan tenaga guru sebanyak 1431 orang dan tersebar di beberapa kabupaten di wilayah Papua dan Papua Barat dan luar Papua.

Bersamaan dengan pembukaan milad ke-16 pihaknya sedang berupaya untuk proses alih bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas dengan penambahan beberapa program studi baru yang sudah kami rencanakan.

Pihaknya berharap melalui kegiatan peringatan Milad Ke-16 ini dapat semakin memantik untuk terus bersemangat dan membangun STKIP Muhammadiyah Manokwari di masa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama pemda Manokwari menyerahkan bantuan sebanyak16 unit komputer dan kemudian dilakukan penandatanganan MOU bersama-sama dengan Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari. (Red/”)

Pos terkait