Serahkan Mobil Angkutan Pedesaan di Wombu, Bupati Imburi : Lihat Ini Sebagai Berkat dari Tuhan

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi kembali menyerahkan mobil bantuan pemda untuk kampung di wilayah terpencil, terluar maupun terdalam, Sabtu (18/2020), giliran kampung Wombu atau Wosimo Distrik Naikere yang mendapat jatah kendaraan roda empat untuk angkutan pedesaan itu.

Sebelumnya orang nomor satu Wondama telah menyerahkan kendaraan serupa di Aisandami Distrik Teluk Duairi dan Kampung Sikama Distrik Rasiei.

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan Bernadus Setiawan dan Kepala Dinas Pariwisata Kristian Mambor, Imburi menyerahkan mobil untuk transportasi pedesaan (transdes) itu kepada Ketua Koperasi Gereja Jemaat Yohanes Paulus Wombu.

“Mobil ini satu saja jadi dikasih untuk kamu semua masyarakat di Kampung Wombu karena tak mungkin pemerintah kasih mobil satu-satu untuk semua masyarakat. Lihat ini sebagai berkat (untuk membantu masyarakat), “ kata bupati di hadapan masyarakat setempat.

Wombu sendiri tergolong kampung terpencil dan terdalam. Jarak kampung yang dahulu merupakan ibukota Distrik Naikere ini ke kota Wasior lebih kurang 60-an Km dengan kondisi jalan yang belum sepenuhnya berlapis aspal.

Jarak yang relatif jauh ke pusat kabupaten juga medan geografis yang sulit menjadikan Wombu termasuk Distrik Naikere secara keseluruhan lambat berkembang. Maka dari itu mobil trandes penting untuk mempermudah akses masyarakat setempat menjangkau wilayah perkotaan sehingga diharapkan bisa mendorong peningkatan taraf hidup.

“Mobil ini bisa masyarakat pakai untuk ke kota untuk berbelanja atau kalau ada hasil bumi di sini bisa bawa jual ke kota baru hasilnya untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Saya harapkan kendaraan ini dijaga dengan baik untuk bapak ibu semua punya keperluan, “ pesan bupati yang juga mengimbau masyarakat setempat untuk menerapkan protokol kesehatan guna terhindar dari virus corona.

Mewakili warga, tokoh masyarakat setempat Tomas Sabarnau menyampaikan penghargaan dan terima kasih ke Pemkab Wondama yang telah peduli dengan nasib mereka.

“Mobil ini semua orang (bisa) pakai, jangan satu orang saja yang naik. Ini umum punya jadi semua bisa pakai tapi harus dijaga dengan baik-baik. Saya atas nama masayrakat ucapkan terima kasih ke bapak bupati yang telah memperhatikan kami, “ ucap Tomas.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan mengungkapkan pihaknya melalui DPA tahun anggaran 2019 mendatangkan 5 unit mobil angkutan pedesaan yang diberikan untuk kampung terpencil, terluar maupun terdalam untuk memudahkan transportasi antar wilayah.

“Kita adakan 5 unit, tiga unit sudah diserahkan termasuk di sini (Wombu) sisanya dua unit lagi yang nanti diserahkan oleh bapak bupati, “ ujar Bernard. (Nday)

Pos terkait