Seminar PTK/PTS Digelar Dinas Pendidikan Provinsi PB Bagi Guru dan Kepala Sekolah

MANOKWARI- Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) bagi guru dan kepala sekolah di lingkungan dinas pendidikan provinsi papua barat periode oktober 2020 digelar untuk kenaikan pangkat yang dilaksanakan di Hotel Oriestom Bay Manokwari (5/8/2020).

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala dinas pendidikan provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba.

Dalam penyampaiannya Barnabas menyampaikan bahwa ditengah masa pandemi bukanlah penghalang bagi peserta untuk mengikuti pelaksanaan seminar tersebut , olehnya itu peserta diharapkan tetap menerapkan sistem protokoler kesehatan dan tidak ada kesan peserta mundur karena alasan corona.

“Kita melaksnakan kegiatan ini ditengah pandemi covid19 dan saya berharap situasi pandemi bukan menjadi masalah bagi kita karena saya yakin dan percaya bahwa kita semua dewasa dan tahu bagaimana menjaga diri sehingga tidak ada alasan mundur karena virus corona.Corona bukan Suanggi (ilmu hitam) atau Pisau sehingga bisa membunuh kita namun Corona bisa dicegah karena mendisiplinkan diri mengikuti protokoler kesehatan dan tetap menjaga stamina Imun” kata Barnabas.

Baca Juga :   Tak Kunjung Dilantik, Calon MRPB Ancam Pidanakan Gubernur

Barnabas menyampaikan bahwa terkait dengan seminar yang dilakukan, peserta diharapkan mampu melaksanakan sesuai dengan apa yang telah disusun karena itu adalah karya sendiri dan harus optimis melakukannya dengan baik.

Menurut Barnabas, kegiatan seperti ini bisa memfasilitasi peserta seminar untuk penentuan Nasib yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi peserta sendiri dan masa depan.

“Jangan sampai karena virus ini membuat peserta patah semangat dan apapun itu peserta harus yakin melakukan dan berusaha karena virus corona ini tidak bisa kita hindari namun bisa dicegah dan tidak perlu merasa kuatir yang berlebihan karena dengan adanya virus corona berdampak pada beberapa segi kehidupan manusia dan salah satunya adalah dampak terhadap ekonomi’ terang Barnabas seraya mengingatkan bahwa seminar yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memperbaiki nasib peserta yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Baca Juga :   Papua Barat bersama 8 Kabupaten Raih Opini WTP

Ditambahkan Barnabas bahwa jika seoarang pegawai tidak bisa menyusun karya tulis maka tidak akan ada peningkatan untuk perbaikan nasib dan masa depan olehnya itu sangat dibutuhkan perjuangan agar apa yang diharapkan bisa tercapai.

“Jangan melihat dari satu segi namun perlu melihat pemenuhan ekonomi kedepan untuk orang-orang yang ada dibelakang kita .Virus Corona berdampak ke sektor ekonomi, oleh karena itu peserta harus lakukan yang terbaik dan percaya diri sehingga apa dilakukan bisa memberikan hasil lebih baik dan terpenting adalah berani untuk tampil” harap Barnabas.

Diketahui bahwa peserta seminar yang telah melaksnakan kegiatan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Penelitian Sekolah (PTS) kemudian menyusun laporan kegiatan tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah yang bertujuan utama untuk meningkatkan kualitas mata pembelajaran di kelas.

Baca Juga :   Manokwari Runners gelar kompetisi Funrun 10K keliling kota Manokwari

Barnabas berharap bahwa dengan dilakukan seminar PTK/PTS untuk para pejabat Fungsional diharapkan terus menjaga prestasi penyelenggaraan pendidikan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pelaku pendidikan di Papua Barat karena setelah seminar laporan PTK/PTS ini dapat dipergunakan sebagi acuan peningkatan mutu sekaligus bahan usulan kenaikan pangkat bagi peserta seminar.(Theo/R)

Pos terkait