Seleksi Jabatan Calon Sekda Manokwari Sedang Dievaluasi KASN

  • Whatsapp

MANOKWARI- Tiga nama calon sekda Manokwari yang telah diajukan bupati Manokwari ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) saat ini sedang dievaluasi di KASN untuk mendapatkan rekomendasi yang kemudian akan dikembalikan kepada bupati untuk memilih salah satu diantara 3 calon sekda yang akan dilantik menjadi sekda depenitif sesuai dengan hak dan kewenangan yang dijamin oleh Undang-undang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner KASN Dr. Rudiarto Sumarwono kepada kabartimur.com, Senin (14/6/2021).

Rudiarto menyebut bahwa Minggu lalu (Kamis) pihak KASN telah menerima surat dari bupati Manokwari dan Surat tersebut melaporkan jalannya proses uji kompetensi bagi calon sekda Manokwari.

“Kami sudah menerima surat, Seluruh proses sudah berjalan dan dilaporkan ke kami berisi 3 nama calon sekda Manokwari. Sekarang surat dari bupati sedang dievaluasi, diproses kasn kemudian diperiksa dan dicek apakah sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan dan sebagainya” ungkap Rudiarto.

Rudiarto menjelaskan, Evaluasi yang dilakukan oleh pihak KASN yakni memeriksa laporan uji kompetensi sesuai tahapan dan apakah hasilnya sesuai nilai yang ada juga mengenai proses asesman kompetensi calon sudah sesuai peraturan, serta paparan wawancara sudah sesuai.

“Kami akan periksa sesuai dengan aturan yang berlaku termasuk kelengkapan dokumen calon sekda, dan setelah dinyatakan lengkap kasn akan mengeluarkan surat rekomendasi calon nama sekda kepada bupati untuk memilih siapa calon sekda yang akan dipilih sesuai hak dan kewenangan yang dijamin undang-undang.Akhir Minggu ini kita pastikan sudah selesai dan rekomendasi tersebut kita keluarkan” pungkas Rudiarto.

Berdasarkan keterangan Ketua Pansel F. M Lalenoh menyebutkan , tahapan akhir proses seleksi calon sekretaris daerah kabupaten Manokwari resmi telah berakhir pada 21 Mei lalu yang diikuti oleh 4 calon sekda dan telah mengikuti proses seleksi dan berhasil keluar 3 besar nama yang diajukan pansel yakni Yonadap Sraun , drg. Hendri Sembiring dan Kukuh Saptoyudo.

Diketahui, seleksi calon sekda awalnya diikuti oleh 4 pejabat, masing-masing drg. Henri Sembiring yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yonadab Sraun , saat ini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan dan Kukuh Saptoyudo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Jaka Mulyanta Kepala Kesbangpol.(R)

Pos terkait