Puskesmas Mabapura Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

KABARTIMUR,HALTIM – Dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Puskesmas Mabapura Kecamatan Maba Kota, Kabupaten Halmahera Timur(Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) gelar Sosialiasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kamis (01/04/2021).

Kegiatan Pelaksanaan sosialisasi imunisasi vaksin Covid-19 di lingkup wilayah kerja puskesmas Mabapura di Gedung pertemuan farasman Mabapura yang dihadiri para Kepala puskesmas, kepala Desa Soasangaji dan Soalaipoh , beserta Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat, kepala sekolah serta Lansia.

Pelaksanaan Sosialisasi dibuka langsung kepala Puskesmas Abutaher Hi. Abubakar,S. Kep .

Dalam arahannya, Kepala puskesmas menyampaikan bahwa pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sudah resmi dimulai, sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat divaksin Covid-19 untuk pertama kalinya (13/1/21) lalu.

Selanjutnya mulai dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga kabupatan/kota sesuai dengan penunjukan dari pemerintah pusat.

Baca Juga :   2022 Pabrik Fero Nikel PT. Antam Tbk UBPN Buli Ditargetkan Beroperasi

Selain sosialisasi juga ada pencanangan vaksin perdana bagi tenaga guru di wilayah kerja puskesmas Mabapura pemberian vaksin tahap II Yaitu pada tenaga pendidik (Guru) mulai dari sekolah SD- SMA dengan jumlah sasaran 48 orang namun yang datang untuk vaksin berjumlah 19 orang sementara yg berhasil di vaksin 17 dan 2 di tunda karena kondisi tubuh.

Dalam pemaparan presentasi, oleh dokter Puskesmas dr. Satria, menjelaskan terkait betapa pentingnya vaksinasi, sebab penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada orang yang belum pernah terpapar yang juga akan berdampak pada tubuh dalam memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity atau Virus Corona. Kekebalan kelompok tersebut diperoleh dari individu-individu yang akan mendapatkan vaksinasi nantinya.

Menurutnya, Vaksinasi ini dilakukan untuk melindungi warga masyarakat Mabapura khususnya dan Halmahera timur pada umumnya, sedangkan
sosialisasi ini bertujuan guna menyampaikan informasi-informasi terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi di Mabapura sesuai dengan data dan fakta, agar tidak terjadi salah persepsi di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :   Musrembang RKPD, Bupati Minta Pimpinan OPD Menyusun Program Sesuai Dengan Usulan Program Prioritas dan Urgen

Ia menegaskan bahwa pemahaman masyarakat mengenai vaksin bukanlah obat tetapi vaksinasi merupakan upaya pencegahan terhadap Covid-19 dan tetap wajib berpedoman utama terhadap protokol kesehatan, dengan konsep 3M Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak, demi keselamatan. ( Ruslan/ Red)

Pos terkait