Pra Liga Pelajar Indonesia Dibuka Senin Lusa, Dispora Wondama Ingin Semua Sekolah Terlibat

  • Whatsapp

WASIOR – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat telah mempersiapkan penyelenggaraan pra Liga Pelajar Indonesia (LPI) tahun 2019. Panita penyelenggara menjadwalkan pembukaan pra LPI dilaksanakan pada 18 Maret mendatang.

Petrus Paduai selaku ketua panitia penyelenggara ditemui di kantor Dispora di Isei, Jumat mengharapkan semua SMP dan SLTA di Wondama ikut ambil bagian dalam kompetisi memperebutkan Piala Menpora ini.

“Ada sekolah yang akan terlibat dalam kegiatan ini terkendala dengan masalah siswa karena banyak siswa yang sedang persiapan ujian. Tapi kami berharap kalau bisa semua sekolah harus hadir karena ini kegiatan pendidikan, “ ujar Paduai.

LPI merupakan kompetisi sepak bola tingkat umur yakni U-14 untuk SMP dan U-16 untuk SLTA. Untuk tingkat kabupaten/kota, dilaksanakan praliga untuk mencari tim terbaik yang selanjutnya dikirim ke LPI tingkat provinsi dan selanjutnya ke tingkat nasional.

Terlepas dari itu, kata Paduai, pelaksanaan LPI sejatinya merupakan sarana untuk pembinaan pesepak bola usia dini. Melalui pembinaan sejak usia dini diharapkan akan lahir pesepak bola berbakat yang ke depan bisa menjadi tulang punggung tim Persewon Wondama.

“Pembinaan dari usia dini ini untuk nanti kita transfer ke klub Persewon. Kalau usia dini ini tidak siap bagaimana ke Persewon, bagaimana ke klub yang besar. Karena itu kita tidak ambil pemain dari luar tapi dari sekolah itu sendiri, “ ucap Kepala Seksi Pemuda dan Olahraga Dispora ini.

Sekedar diketahui pada LPI tahun 2017, tim U-16 Teluk Wondama keluar sebagai juara I tingkat provinsi Papua Barat yang digelar di Kabupaten Teluk Bintuni. (Nday)

Pos terkait