Polres Haltim Menggelar Simulasi Pelatihan Sispamkota, Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Tahapan Pemilu 2023 -2024

HALTIM,Kabartimur.Com – Polres Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara, menggelar simulasi pelatihan Sispamkota dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2023-2024, yang bertempat di Halaman Kantor DPRD Haltim. Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan Simulasi tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan baik sarana dan prasarana kemudian persiapan cara tindak Polri dalam rangka mengantisipasi situasi untuk tetap aman pada Pemilu nanti.

Bacaan Lainnya

Seperti yang disampaikan Kapolres Haltim AKBP Setyo Agus Hermawan, bahwa simulasi ini bertujuan untuk semua memahami dan bisa melaksanakan pengamanan, perlu di ingat dalam setiap pekerjaan itu ada resiko Pidana ataupun resiko kode etik Polri, untuk itu harus dilaksanakan secara baik dan maksimal.

Baca Juga :   BBM Naik, Tarif Angkutan Umum di Haltim Ikut Naik

Sebelum adanya Simulasi ini, Polres Haltim juga telah melakukan beberapa langka kegiatan pencegahan maupun penegakan sesuai perintah dari Mabes Polri, yang tujuannya untuk mendinginkan situasi sebagaimana telah ada kegiatan Jumat Curhat, Edukasi dan kegiatan Khusus untuk minimalisir adanya profokasi.

“Jadi ada safari lewat internet dan media sosial, Patroli Ciber terhadap adanya berita-berita hoax, walaupun belum terlalu mengara ke Pemilu, tetapi arahnya pada Situasi Khambtibmas,” kata Kapolres Haltim saat di wawancara Wartawan, usai kegiatan Simulasi.

Jadi, lanjut kata Kapolres, kita sudah siap baik itu secara SOP maupun personil anggota di lapangan, semua siap untuk mengamankan Pileg dan Pilpres 2024, Ini adalah pesta Demokrasi, untuk itu Polri ada upaya agar dilaksanakan secara aman dan nyaman, agar tujuan dari Demokrasi itu bisa tercapai dengan baik.

Baca Juga :   Ungkap Kasus Pengroyokan, Polres Haltim Bentuk Tiga Tim

“Kita libatkan full untuk kekuatan Polri, diluar dari kekuatan instansi atau stakeholder lainnya, mulai dari tahapan Kampanye, Pengamanan di TPS sampai tahap Pleno di KPU,” tuturnya.

Polres Haltim, pun mengharapkan agar dari KPU dan Bawaslu selaku lembaga penyelenggara melaksanakan seluruh tahapan dengan baik, karena ini tanggung jawab kita terhadap Tuhan, Negara dan Masyarakat. Laksanakan secara Jujur dan Adil, sehingga tidak merugikan Negara, Masyarakat serta Peserta Calon.

Kemudian untuk peserta Calon yang akan mengikuti pesta Demokrasi ini, baik di tingkat satu dan tingkat dua, (Pusat/Daerah), kami berharap dalam pemilu tahun 2024, dilaksanakan dengan cara mendidik Masyarakat, jangan ada profokasi dan Mani Politik (Politik Uang).

“Selain itu, Masyarakat juga diminta ikuti pesta Demokrasi dengan baik, semoga Pemilu berjalan Aman, Kondusif, tidak ada Konflik dan korban di Masyarakat,” Harapannya.
(Red/Ruslan)

Pos terkait