Pendaftaran Siswa Baru Mahal, Mambor Putuskan Pemkab Wondama Tanggung Biaya Seragam

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor memutuskan Pemda menyiapkan anggaran untuk pengadaan seragam sekolah bagi siswa baru tahun pelajaran 2021/2022.

Langkah ini diambil untuk membantu meringankan beban orang tua siswa terutama dari kalangan kurang mampu. Biaya seragam akan diberikan kepada siswa baru untuk semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD/TK sampai SMA/SMK.

Bupati menyebut dirinya banyak menerima keluhan orang tua soal mahalnya biaya pendaftaran siswa baru yang mana salah satunya untuk pengadaan seragam.

“Biaya seragam mahal jadi membebani orang tua sehingga harus ada langkah yang diambil untuk meringankan beban orang tua, “kata bupati dalam rapat khusus tentang pola pendidikan di tengah pandemi di gedung Sasana Karya Kantor Bupati di Isei, Kamis (8/7/2021).

Mambor menegaskan intervensi Pemda diperlukan demi memastikan semua anak-anak Wondama bisa menikmati pendidikan tanpa terbelenggu dengan urusan biaya pendidikan.

Baca Juga :   Aki Meledak, Satu Rumah Warga di Distrik Roon Ludes Terbakar

Terlebih lagi saat ini perekonomian masyarakat sedang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid19.

“Ini bukan memanjakan mereka tetapi di tengah pandemi ini memang membuat ruang gerak orang tua terbatas sehingga ekonomi jadi susah. Nanti kalau pandemi ini sudah berakhir bisa kita tinjau lagi, “ucap Mambor dalam rapat yang diikuti Dinas Pendidikan dan sejumlah OPD terkait.

Adapun dalam rapat tersebut telah dibuat rancangan sementara besaran biaya seragam yang akan disubsidi Pemda. Yakni PAUD/TK berkisar dari 200 sampai 400 ribu persiswa, SD 300-600 ribu, SMP 400-700 ribu dan SMA/SMK 500-800 ribu.

Menindaklanjuti perintah bupati, Sekda Denny Simbar dalam kesempatan itu meminta Dinas Pendidikan segera mengirimkan formulir pendataan siswa baru ke setiap sekolah.

Diharapkan data siswa baru lengkap dengan pekerjaan orang tua bisa dikumpulkan sebelum masa pembelajaran sekolah dimulai pada 17 Juli mendatang. (Nday)

Pos terkait