Paket Bapok Covid-19 dari Pemprov Papua Barat untuk Wondama Naik Jadi 3.501 Paket, ‘Tangan Kasih’ Bertambah 1000 Orang

WASIOR – Pemerintah Provinsi Papua Barat kembali menyalurkan bantuan bahan pokok (bapok) tahap III bagi warga Teluk Wondama yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Pada tahap ketiga terdapat penambahan sebanyak 150 paket atau naik 5 persen dari total penerima pada tahap I dan tahap II yakni 3.001 paket sehingga jumlah paket bapok yang disalurkan ke Wondama menjadi 3.151 paket.

Penyaluran paket bapok tahap III berupa beras, tepung, minyak goreng dan gula diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Selasa (22/12/2020) di Taman Masasoya Topai Wasior.

Gubernur juga secara simbolis menyalurkan bantuan Tangan Kasih Pemprov Papua Barat tahap II kepada pekerja formal dan informal di Kabupaten Teluk Wondama.

Bantuan Tangan Kasih berupa tabungan sebesar 600 ribu perbulan juga mengalami penambahan jumlah penerima dari awalnya 1.577 orang naik menjadi 2.577 atau bertambah 1.000 orang dengan total anggaran mencapai 11 miliar lebih.

Baca Juga :   Puluhan Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Wondama, Peredaran Miras Jadi Atensi Khusus

“Untuk tahap II langsung terima 6 bulan dari Juli sampai Desember. Untuk 1.000 yang baru itu langsung 9 bulan terima 5.400.000. Yang sudah terima tahap I dapat 6 bulan jadi semua terima 3.600.000,”kata Dominggus saat memberikan sambutan.

Selain mendapatkan dana tabungan jutaan rupiah, penerima bantuan Tangan Kasih juga langsung terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian para pekerja formal dan informal akan dijamin dengan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan jikalau mengalami kecelakaan.

“Ini langsung kita jaminkan BPJS ketenagakerjaan. Di Wondama ada 2.577 orang itu kita jaminkan asuransi ke BPJS Ketenagakerjaan. Kita tidak minta tapi kalau ada kecelakaan saat bapak ibu semua bekerja langsung kita jaminkan (asuransi), “ujar eks Bupati Manokwari ini.

Kepada penerima bantuan, Gubernur yang dalam kesempatan itu didampingi Bupati Bernadus Imburi berpesan bantuan bapok maupun dana tabungan dari program Tangan Kasih dapat dipergunakan secara baik untuk membantu meringankan beban ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Wondama Buka 200 Ha Jagung Tahun Ini, Dinas Perindagkop Siap Gandeng Lippo Grup

“Tentunya kita tidak bisa jawab semua. Sesuai data yang ada dan sesuai kemampuan keuangan daerah, “ ucap orang nomor satu Pemprov Papua Barat itu. (Nday)

Pos terkait