Maksimalkan Sosialisasi dan Koordinasi, KPU PB Gelar Rapat Verifikasi Faktual Perbaikan Keanggotan 9 Parpol

MANOKWARI, Kabartimur.com – Sehubungan dengan pelaksanaan tahapan lanjutan bagian verifikasi faktual perbaikan terhadap kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota berdasarkan ketentuan pasal 120 sampai dengan pasal 128 peraturan KPU nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah , KPU provinsi Papua  Barat  memaksimalkan sosialisasi dan koordinasi melalui rapat bersama.

Kegiatan Rapat Koordinasi tersebuy dalam rangka Pelaksanaan Verifikasi Faktual Perbaikan Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 terhadap  9 Partai Politik.

Adapun 9  Parpol tersebut yakni Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN, Hanura, Partai Bulan Bintang, PSI, Partai Ummat dan Partai Perindo.

Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, ke- 9 parpol politik di tingkat Provinsi dalam verifikasi faktual semuanya memenuhi syarat. Namun tahapan yang sama juga dilakukan di tingkat Kabupaten. Ini komulatif dan mutlak.

Baca Juga :   Pesan Putri Auri, Pelajar 12 Tahun di Wondama Usai Divaksin : Jangan Takut, Vaksin Penting untuk Kekebalan Tubuh

“Tapi tidak sampai disitu saja tahapannya di Kabupaten juga harus sama, agar memenuhi ketentuan undang-undang. Di kabupaten justru memiliki porsi yang lebih. selain kepengurusan, 30 persen perempuan dan juga kantor tetapi juga verifikasi faktual pemetaan, yaitu dukungan masyarakat kepada parpol,” katanya.

Dijelaskannya, beberapa hal yang ditemui dan harus diperbaiki tersebut, yang dikomunikasikan dalam rakor ini.

“Misalnya PBB di Kaimana kesulitan untuk merekrut kembali. Namun batas waktu telah selesai. Ada juga Garuda di raja Ampat ketua yg akan diganti, maka ketua pengganti yang sudah keluar di Sopol, KPU Raja Ampat akan mendatangi ulang kantor DPC di Raja Ampat. Juga yang di Tambrauw yg disampaikan PSI itu sudah dinput, hal-hal inilah yang dikomunikasikan,” sambungnya.

Paskalis mengatakan, Verifikasi kepengurusan keanggotaan di tingkat kabupaten sudah harus selesai tgl 7 Desember.

Baca Juga :   HUT PMI Ke-76, Ketua PMI PB Harap Harus Netral dari Pengaruh Politik dan SARA

Sedianya pleno di tingkat kabupaten akan digelar tanggal 8 Desember, pleno di tingkat provinsi tanggal 9 desember dan tanggal 14 Des KPU RI akan tetapkan peserta pemilu tahun 2024.

“Bagi yang lulus akan lanjut ke pengundian, sedangkan yang tidak lulus silahkan menempuh jalur sengketa. Inilah proses tahapan menjadi peserta pemilu anggota DPR baik provinsi maupun kabupaten,”

Sebagai informasi, Tahapan pemilu sudah berlangsung selama 5 bulan. Sekitar 14 bulan lagi pemilu akan berlangsung. Oleh karena itu, Paskalis mengatakan, partispasi masyarakat dan seluruh stakeholder diharapkan untuk suksesnya Pemilu 2024 mendatang. (Red/*)

Pos terkait