Hantaru 2021, Wabup Andi Kayukatuy Serahkan Sertipikat Redistribusi Tanah kepada Masyarakat

  • Whatsapp

WASIOR – Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021 di Kabupaten Teluk Wondama diisi dengan penyerahan sertipikat redistribusi tanah objek reforma agraria (TORA) dan PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) kepada masyarakat.

Sertipikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy selaku pembina upacara peringatan Hantaru 2021 yang dilaksanakan di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Teluk Wondama di Isei, Jumat (24/9).

Perinciannya, sertipikat redistribusi tanah sebanyak 303 bidang untuk kawasan transmigrasi di Kampung Sobei-Warayaru, 379 sertipikat PTSL serta 22 sertipikat Hak Pakai oleh Pemkab Teluk Wondama.

Terkait TORA, Kepala Kantor Pertanahan Teluk Wondama Ahmad Fatoni pada kesempatan sebelumnya menjelaskan pada tahun ini Teluk Wondama mendapatkan alokasi sertipikat TORA dari Kementerian ATR sebanyak 1.000 bidang.

 

Adapun untuk periode 2018 dan 2019 sertipikat yang telah diterbitkan sebanyak 1.047 bidang.

 

Selain untuk memangkas ketimpangan kepemilikkan tanah, tanah yang telah bersertipikat bisa menjadi aset produktif untuk menunjang perekonomian masyarakat. Antara lain untuk mengakses modal usaha ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

“Karena tujuan dari redistribusi tanah itu untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan adakan TORA nanti kan masyarakat bisa memiliki aset untuk bisa dijadikan sebagai modal atau akses untuk memperoleh modal itulah tujuannya dari retribusi tanah,” kata Fatoni ketika itu.

Terkait itu pula, Menteri ATR/Kepala BPN Sofian Jalil dalam sambutan peringatan Hantaru 2021 mengajak insan pertanahan bersama dengan Pemda untuk memastikan penerima sertipikat bisa mendapatkan akses permodalan.

“Mari kita bersama-sama dengan Pemda dan stakeholder terkait untuk mendorong diberikannya access reform kepada penerima sertipikat redistribusi tanah, tentunya agar dapat memberdayakan asetnya untuk dijadikan modal usaha sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat, “pesan Sofian dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Andi Kayukatuy.

Selaian jajaran Kantor Pertanahan, Upacara Hantaru 2021 juga dihadiri Kepala Dinas LH dan Pertanahan Simson Samberi, Kepala Dinas Nakertrans Adhar, Kepala Distrik Wasior Alex Marani dan Kepala Kampung Isei Yonatan Warami. (Nday)

Pos terkait