Guna Peningkatan Kapabilitas APIP Kabupaten Manokwari Menuju Level 3, Pemda Gelar Pertemuan Dengan BPKP

MANOKWARI — Dalam rangka menindaklanjuti hasil bimtek Program Perencanaan Berbasis Resiko (PPBR) maka perlu dibentuk  TIM SATGAS percepatan implementasi sistem pengendalian intern pemerintah ( SPIP) guna peningkatan kapabilitas APIP kabupaten Manokwari menuju level 3.

Pertemuan yang berlangsung di ruang pertemuan wakil bupati manokwari ( 17/3/2020) dihadiri oleh pihak BPKP, asisten l, ll, lll, Bappeda dan Insfektorat dan dipimpin langsung oleh wakil bupati Mnaokwari, Drs Edi Budoyo.

Wakil bupati , Edi Budoyo kepada wartawan usai memimpin rapat menyampaikan bahwa pemerintah daerah melaksnakan  pertemuan dengan BPKP dan infektorat dan jajarannya guna   meningkatkan level  penilaian pemda manokwari yang beberapa waktu pemda manokwari menerima penilaian dari kemenpan RB nilainya masih CC.

Sehingga melaui peretmuan yang  diprakarasai oleh APIP dan infektor manokwari yang  didampingi BPKP berupaya untuk meningkatkan penilaian level tersebut dimana  ada beberapa kabupaten di papua barat sudah mendapatkan nilai BB sedangkan kabupaten manokwari sebagai ibu kota provinsi papua barat masih masih mendaptkan nilai CC.

Baca Juga :   Terungkap Identitas Mayat Pria yang Ditemukan di Pantai Dermaga Cokran

Sehingga melalui pertemuan tersebut dengan upaya-upaya yang dilakukan tahun berikutnya  kabupaten Manokwari bisa mendapatkan peningkatan penilaian yakni dari nilai CC menjadi BB.Pihaknya berharap dengan upaya peningkatkan penilaan kabupaten manokwari menjadi BB  pemda juga berupaya untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang dapat menghambat kinerja terutama APIP.

” Kita harus punya komitmen dan sepakat mendorong insfektorat melaksanakan tugas dengan baik yang pada akhirnya bertujuan akhir pada peningkatan level” harap Budoyo.

Dijelaskan Budoyo bahwa Review yang dilakukan insfektorat tidak maksimal  dan menghambat penilaian insfektorat karena  kekurangan dana  juga karena keterbatasan pegawai insfektorat,sehingga kedepannya pemerintah daerah akan mencoba menyiapkan perangkat yang memadai.

Selain itu kata Budoyo, bukan hanya peningkatan level tapi hasil penilain dari BPK juga menjadi perhatian serius oleh pemda manokwari yakni dari WDP menjadi WTP agar penilaian yang didapatkan harus sinkron(*/Nday)

Pos terkait