Dandim 1801/Manokwari Ajak Pemuda Pemudi Manokwari Jaga Kedaulatan NKRI Melalui Komcad

MANOKWARI, Kabartimur.com- Komandan Kodim 1801/Manokwari Kolonel Inf Rachmat Christanto,S.I.P mensosialisasikan Komponen Cadangan (Komcad) secara Live melalui Radio RRI Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Jumat (03/02/2023).

Dalam sosialisasinya melalui siaran RRI Manokwari, Kolonel Inf Rachmat Christanto,S.I.P menyampaikan bahwa komponen cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna perbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama.

Dandim menjelaskan, Program rekrutmen Komponen Cadangan ini telah di laksanakan sejak 2 Tahun Lalu, dan di Tahun 2023 ini Kodam XVIII/Kasuari mendapat kesempatan untuk turut Berpartisipasi dalam rekrutmen Anggota Komcad ini. Kebetulan di wilayah Kodim 1801/Manokwari mempunyai alokasi sebanyak 100 orang.

Kolonel Inf Rachmat Christanto,S.I.P menambahkan bahwa Pendaftaran komponen cadangan sudah dimulai dari 22 Januari 2023 sampai tanggal 14 April dan pendaftaran bisa dapat dilakukan secara online dan offline. Koramil di wilayah Kodim 1801/Manokwari pun juga menerima pendaftaran online dan offline. Bagi para pemuda yang berminat dapat membawa persyaratannya ke Koramil-koramil yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya dan bahkan dapat juga mendaftarkan diri di Kodim 1801/Manokwari

Baca Juga :   Bupati dan Istri Coblos di TPS 056 TK Marina

“Apabila para pemuda pemudi ini memenuhi persyaratan secara fisik maupun administrasi dan kesehatan, itu akan dididik dan terlebih dahulu mereka akan diseleksi di tingkat Kodam XVIII/Kasuari. Para pemuda pemudi yang lulus akan diberikan pendidikan dasar selama 3 bulan di Rindam XVIII/Kasuari bertepatan di Daerah Manokwari Selatan dan diberikan fasilitas kurang lebih 69 item perlengkapan militer. Selain itu mereka akan mendapatkan uang saku sebesar 1,8 juta perbulan selama 3 bulan. Semoga dengan sosialisasi ini, para pemuda pemudi yang berada di Manokwari dapat bergabung dan berpartisipasi menjaga kedaulatan NKRI melalui Komponen Cadangan ini.” ungkapnya.(Red/*)

Pos terkait