Bupati Manokwari Usulkan Pembangunan Pabrik Bahan Ternak dan Pabrik Kelapa Sawit Kepada Mentan SYL

MANOKWARI, kabartimur.com– Bupati Manokwari, Hermus Indou mengusulkan pembangunan pabrik bahan ternak dan pabrik kelapa sawit kepada menteri pertanian, (mentan) republik indonesia syarul Yasin Limpo (SYL).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh bupati menyikapi aspirasi masyarakat di acara penanaman padi MT II di kampung Desay distrik Prafi (25/10/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian RI ,Syarul Yasin Limpo, Penjabat Gubernur para Bupati Walikota sepapua barat dan pimpinan OPD Papua Barat dan Kabupaten Manokwari.

Terkait kedua hal itu bupati mengungkapkan bahwa untuk pabrik bahan ternak di tahun 2010, survey dari kementerian perindustrian dinyatakan layak.

Baca Juga :   Penjabat Gubernur: Kerukunan Umat Beragama Merupakan Modal Utama Pembangunan di Papua Barat

Kemudian di tahun 2012, dianggarkan dalam dipa kementerian perindustrian dan perdagangan tetapi masih tanda tanya.

Tahun 2013 dianggarkan dalam DIPA tetapi masih tanda tanya

Tahun 2014 dianggarkan dalam DIPA sudah ditenderkan, konsultan sudah turun lapangan.

Kemudian direktur industri pakan sudah berkunjung ke manokwari dan saat itu direktur industri pakan menyurat ke bupati manokwari menanyakan dukungan operasional pabrik, surat melalui bappeda tetapi 3 bulan tidak ada tanggapan sehingga dianggap tidak serius dan dibatalkan.

Sementara untuk pabrik kelapa sawit ditahun 2021, bupati manokwari mendampingi para petani yang bersangkutan dengan Koperasi Sawit Arfak Sejahtera beraudiens dengan dirjen kementerian pertanian mengusulkan pembangunan pabrik kelapa sawit berdasarkan studi kelayakan yang sudah disusun oleh konsultan dan usulan manokwari disetujui

Pada prinsipnya dan akan digunakan sebagai pilot project di indonesia bersama Provinsi Banten dan Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :   Natal IKT, Gubernur Ajak Masyarakat Toraja Gunakan Hak Pilih Pada Pileg dan Pilpres 2019

Lahan yang disediakan seluas 42 ha dikampung Wasegi Indah distrik prafi dengan Luasan perkebunan kelapa sawit rakyat 10.000 ha.

Bupati manokwari audiens dengan badan pengelolah dana kelapa sawit kementerian keuangan sebagai penyandang dana untuk usulan pabrik kelapa sawit. Pada prinsipnya BPDPKS menyetujui.

“Proses persiapan kelembagaan petani sudah mendirikan PT seperti yang dipersyaratkan oleh BPDPKS.Direncanakan PT akan bekerjasama dengan BUMD kabupaten manokwari” ujarnya.

Pos terkait