Sail Teluk Cenderawasih 2023 Resmi Diluncurkan

JAKARTA, Kabartimur.com– Pemerintah, resmi meluncurkan pelaksanaan Sail Teluk Cendrawasih (STC-2023). STC yang akan digelar pada November 2023 mendatang merupakan salah satu ivent yang masuk Kalender Pariwisata Nasional.

Menkomarives RI, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, STC-2023 akan menjadi rangkaian Sail di Indonesia yang ke -13. Dan tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Papua sebab tiga Ivent berskala Nasional yang digelar, yakni Penyelenggaraan Sail Raja Ampat pada 2014 dan PON XX pada 2021 lalu, dan Sail Teluk Cenderawasih dimana tanah Papua sekali lagi berkesempatan untuk menampilkan keelokan dan kekayaannya pada ivent ini.

Menurut Rulut, kegiatan ini akan menjadi panggung bagi Papua untuk menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam membangun daerah melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, swasta, dan masyarakat. “Tiga fokus utama kegiatan ini adalah ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah lainnya” katanya.

Baca Juga :   Lepas Rombongan MTQ ke Sorsel, Mambor : Raih Prestasi dan Jaga Nama Baik Wondama

Sementara Plh. Gubenur Papua pada laporannya yang dibacakan Plt. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Kesra Papua, Suzana Wanggai, mengaku bangga dan berterima kasih karena mendapat kesempatan ivent besar ini. Menurut dia, ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah pusat membangun Papua.

“Pemerintah Provinsi Papua sangat siap dan secara konsisten memberikan asistensi mulai dari proses awal dalam bentuk fasilitasi dan koordinasi antar stakeholder, tahapan penyelenggaraan launching dan nantinya pada setiap agenda acara STC-2023 yang akan digelar di beberapa Daerah di Papua serta pada puncak acara tanggal 1-7 November 2023 di Kabupaten Biak Numfor.,” Katanya.

Disini lain, sejumlah Bupati di kawasan Teluk Cendrawasih juga telah menyatakan komitmennya dalam mendukung ivent ini.

“Bupati Biak, Bupati Waropen, Bupati Kepulauan Yapen dan Kabupaten Sarmi yang secara langsung bersama-sama memberikan dukungan dalam bentuk komitmennya mengalokasikan Anggaran pada APBD 2023 guna terselenggaranya STC-2023,” ujarnya.

Baca Juga :   Kepala Suku Besar Arfak Mengajak Warga IKT Menjaga Hubungan Kekeluargaan Hidup Rukun dan Damai

STC-2023 adalah ivent bahari yang sangat komprehensif mengenalkan potensi bahari, potensi pariwisata dan sosial budaya di Papua. diharapkan dengan adanya ivent ini dapat meningkatkan kunjungan wisata dan minat investor di Provinsi Papua serta Kedaulatan Maritim Indonesia di Kawasan Pasific.

Dalam rilis yang diterima media ini, seluruh masyarakat di Papua diajak untuk mensukseskan acara ini dengan menjaga situasi kondisi aman dan damai di Papua.

“Khusus bagi masyarakat di Kabupaten penyelenggara agar meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam segala hal sehingga dengan ivent ini bisa memberikan nilai tambah guna peningkatan ekonomi. (Red/*)

Pos terkait