MANOKWARI

Dinas Perhubungan PB Siapkan Armada Transportasi Bagi Pemudik Natal dan Tahun Baru

MANOKWARI- Untuk mengantisipasi arus mudik penumpang jelang Natal dan Tahun Baru dinas  Perhubungan Papua Barat menyiapkan armada transportasi untuk melayani para Pemudik yang akan  merayakan natal dan Tahun baru di Papua Barat. 

Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat, Agustinus Kodakolo saat di temui Jumat 13 Desember 2019 mengatakan bahwa mode transportasi yang tersedia berupa Bis untuk angkutan darat, kapal Feri ASDP untuk angkutan laut serta mode transportasi Udara  sekitar 7 armada yang melayani penumpang.

Pihaknya menyediakan berbagai mode transportasi untuk mendukung kelancaran arus mudik di Papua Barat, terutama antar Kabupaten dan Distrik.

Agustinus menyebutkan untuk transportasi darat bis akan disediakan terutama kepada warga yang bepergian ke Kampung-Kampung yang terjangkau, seperti di daratan Prafi dan antar Kabupaten seperti Manokwari dan Manokwari Selatan.

“Kita sediakan Bis agar memudahkan masyarakat, terutama menuju sasaran yang bisa dijangkau dengan menggunakan mode transportasi darat” kata Agustinus.

Selain itu untuk transportasi laut, pihaknya menyediakan kapal Peri atau ASDP untuk melayani rute Manokwari, Ransiki, Wondama, Nabire dan Numfor, selain itu di daerah Kota Sorong digunakan untuk melayani rute Raja Ampat, Kaimana, Fakfak dan Teluk Bintuni.

Sedangkan untuk transportasi udara sudah dinilai cukup  melayani penumpang rute masuk dan keluar Wilayah Papua Barat.

” Ada sekitar 7 maskapai seperti Garuda, wings dan batik, Airasia dan Sriwijaya dengan berbagai Type standar untuk melayani Pemudik selain dengan kapal Pelni untuk rute luar wilayah Papua Barat” terang Agustinus.

Pihaknya berharap terutama kepada Pemudik maupun penyedia jasa transportasi agar tetap memperhatikan keselamatan terutama lonjakan penumpang  untuk dihindarkan. (AD)

To Top