Sebanyak 114 Siswa Ikut Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD di Manokwari

  • Whatsapp

MANOKWARI-Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD kabupaten Mnaokwari tahun 2019 diikuti peserta Sebanyak 114 siswa dari 19 Sekolah Dasar se kabupaten Manokwari yang digelar di SD 05 Sanggeng (28/2).

Dari 114 siswa yang ikut berkompetisi masing-masing, 4 siswa persekolah untuk bidang matematika dan 2 siswa persekolah untuk bidang IPA .
Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Mnaokwari, Barnabas Dowansiba.

Dijelaskan Barnabas bahwa OSN merupakan salah satu ajang bergengsi untuk membuktikan prestasi diri siswa siswi SD.

“Dimata pemerintah, OSN dapat menjadi salah satu indikator peningkatan mutu yakni meningkatnya kemampuan peserta didik baik mengenai substansi pelajaran maupun perkembangan kreativitas, daya nalar, sikap, dan budi pekerti para peserta didik” terang Barnabas.

Ditambahkan Barnabas bahwa,tujuan umum OSN tingkat SD diadakan adalah untuk menyediakan wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI atau sederajat sebagai bagian dari upaya komperhensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi berprestasi serta Komptesisi yang sehat menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas

lanjut Barnabas, melalui kompetisi OSN akan diseleksi peserta yang berbakat di bidang IPA dan Matematika yang lolos sebagi pemenang akan mewakili kabupaten Manokwari mengikuti OSN tingkat Provinsi dan selanjutnya ke tingkat Nasional.

Disebutkan Barnabas, Berdasarkan hasil seleksi OSN tingkat SD tahun 2019 kabupaten Manokwari keluar sebgai pemennag bidang study IPA masing-masing juara 1 Muh. Kaysan F. Raihan ( SD N 05 Sanggeng), juara ll, Ruth Merisida Orouw ( SD N 01 Manokwrai) dan juara ke lll diraih Zulfikar F. Suyadi.
Sementara untuk bidang Matematika, juara l adalah Andrian Dhika Ramadhan (SD N 01 Manokwari), juara ll, Robert Imanuel B.Dowansiba (SDN 05 Sanggeng) dan juara lll, Acmad Miftakhul Yuda.

Pos terkait