PEGAF

Penetapan AKD Pegaf Tunggu Pimpinan DPRD Definitif

MANOKWARI- Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Yoel Dowansiba mengatakan pimpinan sementara DPRD sudah menuntaskan pembahasan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan tata tertib (Tatib). Tinggal menunggu menunggu pimpinan DPRD Definitif untuk menetapkan.

“Kemarin yang dibahas soal AKD yakni tata tertib dewan, serta pembahasan dan pengisian fraksi serta komisi-komisi dan badan-badannya masih dalam rancangan. Kita menunggu pimpinan DPRD yang Definitif,” kata Yoel Dowansiba, saat ditemui, Minggu (17/11/2019).

Dia menceritakan saat pembahasan, muncul sekelompok massa yang diketahui pendukung dari Oni Nuham dan Yustus Toansiba yang melakukan aksi. Mereka saling menyerang terkait posisi Ketua DPRD Pegaf, padahal agenda saat itu hanya membahas alat kelengkapan dewan.

“Saya berharap polemik ini segera berakhir agar kita semua menghadapi rencana pembangunan di Kabupaten Pegaf. Jangan sampai hal terus berlarut,” ujarnya.

Ia menegaskan soal penetapan siapa yang menjadi ketua DPRD itu merupakan kewenangan partai politik pemenang. Sebagai perwakilan eksekutif, ia hanya menerima rekomendasi dan mengajukan kepada bupati untuk disahkan.

Yoel Dowansiba juga meminta perhatian pihak penegak hukum agar jeli melihat polemik tersebut. Hal ini jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan sehingga menghambat proses pembangunan yang ada.

“Saya berharap kepolisian sebagai pengayom dan pelindung masyarakat peka dengan masalah ini untuk menghindari masalah antara kedua bela pihak. Nanti saya coba surat pimpinan kepolisian terutama untuk memperketat keamanan di Kabupaten Pegaf,” ujarnya. (AD)

To Top