PEGAF

Bupati Pegaf Ingatkan Legislator Baru Pembahasan APBD 2020 Tinggal Sebulan Lagi

PEGAF- Bupati Pegunungan Arfak (Pegaf), Yosias mengucapkan selamat kepada 20 legislator DPRD setempat yang telah dilantik. Dia mengatakan masyarakat Kabupaten Pegaf menaruh harapan dan kepercayaan kepada 20 wakil rakyat periode 2019-2024.

“Anggota dewan merupakan perpanjangan tangan dari seluruh masyarakat kepada pemerintah, oleh itu apa yang menjadi aspirasi masyarakat akan disampaikan oleh wakil rakyat kepada pihak eksekutif,” kata Yosias, dalam sambutannya dalam Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Pegaf di salah satu hotel di Manokwari, Selasa (29/10/2019).

Dia mengingatkan pimpinan sementara dan seluruh anggota DPRD untuk segera menetapkan ketua definitif beserta seluruh perangkatnya. Pasalnya, dalan kurun waktu sebulan kedepan eksekutif dan legislatif harus membahas dan menetapkan APBD pokok tahun 2020.

“Batas akhirnya tanggal 30 November, saya berharap dalam waktu yang singkat segera membentuk tatib DPRD yang akan mengatur perangkat mulai dari ketua, wakil I, wakil II, komisi-komisi, dan fraksi, sehingga pemerintah dan DPRD dapat menetapkan perda yang mengatur APBD tahun 2020,” ucap mantan Ketua DPRD Manokwari itu.

Lebih lanjut, apabila sampai batas waktu yang telah ditetapkan belum disahkan, maka pemerintah daerah akan mengambil langkah dengan menerbitkan Perbup untuk menetapkan APBD 2020. Menurutnya, apabila APBD disahkan eksekutif maka akan berpengaruh pada besarnya anggaran yang hanya untuk kegiatan rutin dan pelayanan saja.

“Kita targetkan APBD sampai dengan Rp 1 triliun lebih. Tapi, jika disahkan melalui Perbup maka APBD kita akan tetap sama atau bisa berkurang. Hal ini dapat berakibat pada pembangunan di Pegaf, yang sampai saat ini masih terisolir dan tertinggal,” ungkapnya.(AD)

To Top
error: Content is protected !!