MANOKWARI

Jokowi Janji Benahi Infrastruktur di Pegaf Dalam Dua Tahun

PEGAF, Presiden Joko Widodo kunjungi KabupatenPegunungan Arfak dengan menggunakan helikopter kepresidenan,  Minggu (27/10/2019), pukul 09:40.

Di dampingi oleh ibu Negara, Iriana Joko Widodo, presiden bertatap muka dengan masyarakat di negeri atas awan Papua.

Kunjungan ke Pegaf merupakan kunker perdana setelah ia dilantik sebagai presiden RI beberapa waktu lalu.

Di hadapan ribuan masyarakat Pegaf yang berkumpul di lapangan Irai, Presiden Jokowi berjanji akan membenahi sarana infrastruktur di daerah ini. Ruas jalan sepanjang 139 km dan pembangunan airport (bandara) sSnomeba akan diambil alih dan dikerjakan oleh pemerintah pusat. Ruas jalan Manokwari-Pegaf dan Mansel-Pegaf serta bandara akan diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun.

“Masukan dari gubernur dan bupati, Kabupaten Pegaf membutuhkan infrastruktur jalan dan jembatan. Sehingga produk-produk pertanian yang ada di pegaf dipasarkan ke Manokwari dan Propinsi yang lain,” kata presiden.

Selain sektor pertanian, sektor pariwisata juga akan berkembang ketika sarana infrastruktur di Kabupaten Pegaf memadai. Akan banyak orang berbondong-bondong datang ke daerah ini untuk menikmati keindahan alamnya.

“Dari atas (helikopter) saya melihat dua danau yang sangat indah, dengan dibangunnya jalan dan bandara banyak orang yang datang untuk menikmati keindahan alam di Pegaf,” katanya.

Tak hanya sarana infrastruktur dan bandara, presiden juga berjanji akan membantu pemerintah setempat untuk pembangunan pasar, jaringan telekomunikasi, penerbangan, sarana dan prasarana pemerintahan, rumah sakit, 10 puskesmas rawat inap dan pembangunan sekolah dan perumahan rakyat.

“Nanti akan ditindaklanjuti semua yang menjadi permintaan masyarakat. Satu-satu saya selesaikan, nanti kita lihat lagi. dua tahun saya evaluasi, nanti kalau masih ada yang perlu diselesaikan maka akan dikerjakan,” tandasnya.

Setelah bertatap muka dengan masyarakat di lapangan Irai, Jokowi menyempatkan menyapa mama-mama Papua di pasar Anggi. Di pasar, presiden Jokowi dan ibu Iriana berbelanja sayur dan buah hasil pertanian setempat.
satu jam menyapa masyarakat, presiden Jokowi dan rombongan meninggalkan Kabupaten Pegaf menuju Manokwari.

Dan dari informasi yang dihimpun oleh media ini, dihari yang sama presiden langsung bertolak ke Kabupaten Kaimana yang juga masuk dalam agenda kunjungan presiden ke tanah Papua.

Turut mendampingi presiden dan ibu Iriana dalam kunjungannya ke Kabupaten Pegaf, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt. Kapolri Komjen Ari Dono, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

LN

To Top
error: Content is protected !!