METRO

Bantu Pegiat Usaha Nusantara Max Series Chapter Manokwari Gelar Pameran Manokwari Expo 2019

MANOKWARI- Komunitas Nusantara Max Series Chapter Manokwari gelar Pameran Manokwari Expo 2019 selama tiga hari (10-12/10/2019).

Giat ini sebagai bentu dukungan untuk  para pegiat usaha baik dari skala besar maupun skala kecil atau yg sering di sebut UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah  dalam hal mempromosikan produk-produk berbagai macam usaha

Ketua Panitia, Alim Ikhsan dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini melibatkan Kontestan  yaitu pedagang kendaraan, properti, makanan olahan produksi rumah tangga, pembiayaan dan asuransi kesehatan.

Adapun Kegiatan pameran manokwari expo 2019 diselenggarakan selama tiga hari  mulai tanggal 10-12 oktober 2019 di halaman kantor Bupati Lama yang dibuka oleh wakil bupati Manokwari Drs Edi Budoyo yang ditandai dengan peninjauan langsung Stand pameran Expo.

Bupati manokwari dalam sambutannya mengatakan bhawa  sebagai perekonomian  akan memiliki landasan yang lebih kuat  dengan mengembangkan  sumber daya lokal yang tersedia  bagi pengembangan  ekonomibmaayrakat melalui sistem pengelolahaan yang profeaional , efektif dan efiaien serta akuntabel dengan didukung  sistem dan sarana inveataai yang baik melalui penyediaan data potensi investasi guna menarik investasi.

Selain itu mampu mengembangkan jaringan kerjasama  antara pemeeintah daerah dengan pihak swasta baik dlaam tataran lokal regional nasional maupun internasional  melalui penyediaan sarana  dan prasarana infrastruktur serta SDM yang memadai.

Dikatakan Budoyo dalam perkembangan  ekonomi berbagai masalah  masih dihadapi  oleh kebanyakan UMKM seperti kurangnyab akses terhadap  pasar  , permodalan  pengembangan  teknologi informasi  dan pengembangan SDM, jaringan  usaha  dan sebagainya akan berpengaruh pada rendahnya   produktivitas dan daya saing UMKM.

Ditambahkan Budoyo, dengan dukungan  pemasaran  melalui pameran seperti ini  akan membweikan  motivasi  yang cukup besar dalam.menumbuhkan  dan mengembangkan  usahanya untuk menjadi lebih baik dwngan memanfaatkan potensi  sumber daya  alam yang tersedia dan dengan  dukungan saranan dan prasarana yang memadai maka produk tersebut akan mempunyai daya saing yang kuat dalam merebut pangsa pasar.

Selain itu sektor jasa diharapkan mampu berperan aktif dalam membeeikan peluang  kerja menuju kemandirian finansial.

Dengan momentum manokwari expo 2019 hendaknya menjadi  cikal bakal untuk memperbaiki karya-karya  dalam pembangunan dalam mengangkat nilai-nilai kebudyaan yang telah  tergerus zaman swhingga wajib untuk diangkat  kembali dan dipwekenalkan  kepada seluruh  warga manokwari.

Sementara semangat kewirahusahaan  perlu ditingkatkan  karena maaih banyak pelaku usaha  yang kurang peduli untuk mengembangkan usaha secara  bersama-sama  dwngan prinsip-prinsip manajemen modern.

Pihaknya mengajak  masyrakat untuk  ikut mengambil bagian pennting dalam membangun  kabupaten Manokwari dengan menumbuhkan  jiwa kewirahusaan.

“Kita harus bangga  dan membangkitkan rasa cinta  terhadap nilai dan muti produk dan sektor  jasa yang berasal dari indonesia  khususnya  tanah Arfak tercinta beserta potensinya untuk pasar ekspor maupun pasar dalam negeri” ujar Budoyo.

Budoyo berpesan  untuk lebih bersinergi  baik antara  pemerintah  dan masyrakatnya  serta pihak swasta dapat terjalin  dengan baik  khususnya berpartisipasi dalam memeriahkan  hari ULTAH kota Manokwari tanggal 8 november  2019 ke 121 tahun.

To Top
error: Content is protected !!