MANOKWARI

Polisi dan Mahasiswa Salat Gaib Bersama

MANOKWARI- Kepolisian Daerah (POLDA) Papua Barat menggelar Sholat Gaib bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Manokwari, di Mapolda Papua Barat, Senin (30/9).

Ketua HMI cabang Manokwari, Saridin Tefruam menjelaskan tujuan dilaksakan sholat gaib adalah untuk bermunajat atas peristiwa meninggalnya mahasiswa Kendari saat aksi yang berakhir ricuh di Kendari beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, pihaknya berencana untuk menggelar aksi akan tetapi melalui komunikasi serta koordinasi yang baik bersama pihak kepolisian maka agenda tersebut dirubah dengan nuansa penuh kesejukan.

“Kita berkumpul disini untuk bermunajat dan memanjatkan doa terkait peristiwa meninggalnya dua rekan kami Muh. Yusuf Kardawi dan La Randy saat mengikuti demo di Kendari dalam rangka penolakan Revisi Undang-undang KPK serta RKUHP. Sebelumnya kami hendak melakukan aksi, namun saat berkordinasi maka rencana tersebut dibuat sedemikian elegan dalam bentuk Sholat Gaib agar arwah rekan kami dapat diterima disisi Allah SWT,” ujar Ketua HMI Cabang Manokwari Saridin Tefruam.

Sementara itu Wakapolda Papua Barat Kombes Pol. Tatang manambahkan pihaknya sangat terharu dengan dilaksanakannya Sholat Gaib bersama Mahasiswa dari HMI dan PMII yang digelar di Mapolda Papua Barat.

“Mendengar akan dilaksanakan Sholat Gaib bersama adik-adik sekalian, jujur kami sangat terharuh sekali. Hal ini sangat baik sekali karena sebagai Umat Muslim jika kehilangan seseorang kita wajib memanjatkan doa, memandikannya, hingga dikuburkan,” tambah Wakapolda Papua Barat Kombes Pol. Tatang.

“Kita yang hadir disini juga untuk menginstrospeksi diri terutama bagi pihak kepolisian karena sesungguhnya tidak pernah menginginkan hal itu terjadi. Ini juga merupakan gambaran yang baik bagi Polda Papua Barat dan selama ini selalu melakukan tindakan persuasif dalam menjamin kemanaan saat berlangsungnya aksi,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua PMII, Fadrin Reasa dengan turut mengucap terimakasih kepada Polda Papua Barat yang telah dengan baik menerima, serta malaksanakan Sholat Gaib bersama untuk memanjatkan Doa kepada kedua mahasiswa Kendari yang meninggal saat aksi demonstrasi.

“Melalui Sholat Gaib yang dilaksanakan pada hari ini, Allah SWT akan mengampuni setiap dosa dan kesalahan serta menerima di sisinya kedua rekan mahasiswa asal Kendari yang meninggal beberapa waktu lalu. Terima kasih kepada Kapolda Papua Barat bersama para pejabat utama yang telah menerima kami dengan baik sekaligus melaksanakan Sholat Gaib di hari ini,” pungkas Ketua PMII Cabang Manokwari Fadrin Reasa. (sgf)

To Top
error: Content is protected !!