TELUK WONDAMA

Kriteria Figur yang Layak Pimpin Wondama Versi Tokoh Muda Kandidat Doktor Unibraw

WASIOR – Bursa calon bupati dan wakil bupati Teluk Wondama, Papua Barat yang ingin maju dalam Pilkada 2020 semakin ramai. Sejumlah nama baru mulai bermunculan. Lalu figur seperti apa yang cocok memimpin Wondama lima tahun berikut ?

Tokoh muda Wondama yang juga seorang kandidat doktor Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Elisa Hendrik Kurube punya pandangan sendiri. Menurut Kurube, dengan posisi APBD yang telah mencapai 925 miliar (APBD 2019), seharusnya sudah lebih dari cukup untuk mendongkrak kemajuan Wondama. Karena itulah Wondama membutuhkan pemimpin yang memiliki kemampuan mengelola anggaran daerah dengan baik dan efektif.

Belanja APBD harus dipastikan teralokasi dengan baik untuk menjawab permasalahan dasar yang dihadapi masyarakat Wondama dan mendorong akselerasi pembangunan secara merata di semua wilayah.

“Tentunya dibutuhkan figur yang cerdas secara manajerial serta kuat secara kapasitas dan jejaring untuk bisa membangun sinergitas dengan pemerintah pusat, provinsi dan juga dengan stakeholder lokal di Wondama, “ ujar Kurube di Wasior, Sabtu (28/9).

Dia mengatakan, Wondama butuh pemimpin yang memiliki visi ke depan serta mampu melakukan akselerasi dalam pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan sosial. Untuk itu, figur yang maju dalam Pilkada sejatinya mereka yang telah memahami dengan baik karakteristik masyarakat dan mengerti apa yang menjadi permasalahan mereka.

“Dan memiliki kapasitas untuk mewujudkan mimpi emas masyarakat Wondama, “ lanjut pria yang mengambil studi doktoral bidang administrasi publik ini. (Nday)

To Top
error: Content is protected !!