SELAYAR

Seluruh Desa di Selayar Komitmen tidak Buang Air Besar sembarang tempat

Kepulauan Selayar- Seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di kabupaten Kepulauan Selayar telah menyatakan Komitmen bahwa Masyarakatnya tidak lagi buang air di sembarang tempat. Hal ini setelah 88 Desa/Kelurahan telah melaksanakan Deklarasi.

Terakhir sebanyak 50 desa/kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Kamis (5/9/2019). Pernyataan komitmen deklarasi tersebut ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh seluruh kades dan lurah.

Hadir Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli, Sekda Selayar Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si., Forkopimda, Kadis Kesehatan Pemprov Sulsel yang diwakili oleh koordinator kabupaten/kota sehat Muslim Rasyid, Asisten Pemerintahan bersama Asisten Administrasi, para pimpinan OPD, para camat, kades dan lurah serta undangan lainnya.

“Dengan dilaksanakannya deklarai 50 desa ODF kali ini berarti 88 desa/kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar telah menyatakan diri bebas dari buang air besar di sembarang tempat, yakni pada Tahun 2017 dilaksanakan deklarasi ODF 20 desa/kelurahan, dan pada tahun 2018 sebanyak 18 desa/kelurahan,” kata Kadis Kesehatan dr. Husaini.

Lebih lanjut dalam laporannya, dr. Husaini mengungkapkan bahwa sebelum deklarasi dilakukan verifikasi tingkat Kabupaten Kepulauan Kepulauan Selayar melalui Dinkes terhadap pemerintah desa/kelurahan untuk kesanggupannya melaksanakan pilar ke satu program Sanitasi Total Berbsis Masyarakat (STBM), yaitu tidak buang air besar disembarang tempat.

Program ini juga kata dia, sangat mendukung keberhasilan verifikasi nasional kabupaten/kota sehat yang mana untuk kabupaten/kota dengan predikat Swastisaba kategori Wistara yang ketiga akses jamban sehat diharuskan 100 persen.

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali mengucapkan terima kasih kepada desa/kelurahan yang telah mendeklarasikan desa/kelurahannya sebagai desa ODF. Menurut dia, terselenggaranya kegiatan deklarasi ODF sebagai wujud peran serta kita dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Program ini sejalan dengan pelaksanaan kabupaten sehat yang terus menerus berjalan dengan baik,” terang Basli Ali.

(Hms/As)

To Top
error: Content is protected !!