TANA TORAJA

Kisah Sedih Gadis Penderita Tumor Ganas Sejak Berumur 4 Tahun

Tana Toraja Kabartimur.Com

Elisabeth (14) warga Kampung Pangra’ta Dusun Putuk Lembang Randan Batu Kecamatan Makale Selatan Tana Toraja  penderita tumor ganas sejak berumur 4 tahun di bagian lengan sebelah kanan tembus ke belakang kini semakin besar dan tak bisa berbuat apa-apa.

Elisabet Siswi SMPN 6 Makale Selatan Kelas 9, anak petani dari Pasangan Marthinus Da’te’ dan Martha Muruk, Anak ke Enam dari Enam bersaudara hanya pasrah dan berserah kepada Tuhan, karena menurutnya tidak punya biaya untuk berobat.

Elisabet juga menceritakan kalau ia dengan orang tuanya setahun yang lalu sudah ke Makasar untuk memeriksakan penyakit yang dideritanya itu, namun karena tidak punya biaya sehingga ia pulang.

“Untuk itu dia berharap kepada Pemerintah Lembang Randan Batu Kecamatan Makale Selatan atau Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk dibantu pengobatannya atau diuruskan kartu BPJS Kesehatan sehingga dia bisa berobat ke dokter atau dioperasi”, jelas Elisabet kepada Kabartimur. Com di lokasi perkemahan Gerakan Pramuka Ranting Makale Selatan, Kamis, 15/08/2019.

Elisabet juga ikut perkemahan Gerakan Pramuka Ranting Makale Selatan yang dilaksanakan di Tongkonan Ba’tanratu Kelurahan Sandabili’ Kecamatan Makale Selatan. Elis yang sudah 10 tahun menderita tumor ganas ini di mata teman-temannya adalah gadis pintar dan tidak kenal putus asah, justru kehadirannya mengikuti perkemahan Gerakan Pramuka membuatnya semangat dan selalu senyum.

Sementara Kepala Sekolah SMPN6 Makale Markus Era saat di tanya soal anak didiknya yang menderita Tumor Ganas mengatakan anak kami Elisabeth ini sudah sering kali kami usulkan di rapat-rapat Komite dan rapat-rapat di Lembang untuk diuruskan BPJS, namun tidak ada perhatian Kepala Lembang, jelasnya singkat. (titus)

To Top
error: Content is protected !!