TELUK WONDAMA

Demi Kemajuan Pariwisata, Desk Otsus Kemenkopolhukam Upayakan Percepatan Pembangunan Bandara Baru Teluk Wondama

WASIOR – Ketua tim Desk Otonomi Khusus Tanah Papua Kolonel Hernowo menyatakan pihaknya akan mendorong percepatan pembangunan Bandar Udara baru di Kabupaten Teluk Wondama. Adanya Bandara baru diharapkan bisa mempercepat kemajuan sektor pariwisata Teluk Wondama.

Tim Desk Otsus Tanah Papua yang merupakan unit kerja dari Kementerian Polhukam sejak Rabu lalu mengunjungi Wasior untuk berkoordinasi dengan Pemkab Teluk Wondama terkait progam pembangunan berikut kendala-kendala yang dihadapi Pemda.

“Salah satunya untuk pariwisata, kita dorong pembangunan Bandara dipercepat, “kata Hernowo usai mengikuti pembukaan Festival Pulau Roon (FPR) di Yende, Kamis (28/6/2018).

Adapun rencana pembangunan Bandara baru di Wasior yang telah direncanakan sejak 2016 sampai saat ini masih dalam tahapan penyusunan dokumen AMDAL. Pembangunan Bandara baru Teluk Wondama merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo sewaktu berkunjung ke Wasior pada 2016 lalu.

Terkait permasalahan yang dihadapi Pemkab Wondama khususnya dalam pembangunan sektor pariwisata seperti masih minimnya infrastruktur juga kesiapan SDM, menurut Hernowo, pihaknya telah menerima laporan dari Bupati Bernadus Imburi juga Sekda Denny Simbar.

Permasalahan yang dihadapi itu selanjutnya akan dipaparkan di Kemenkopolhukam untuk selanjutnya dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. “Karena Bapak Presiden sangat memperhatikan wilayah Papua ini, “ ujarnya.

Khusus untuk FPR, dia menyarankan sebaiknya dilakukan secara berkala dengan skala yang lebih besar.

“Harus sering ada even agar orang bisa tahu keindahan alam yang ada di sini. Dan manfaatkan momentum tertentu misalnya pas hari jadi kabupaten tidak harus dibuat di sana (di Wasior) tapi dibuat di sini agar lebih meriah, “ katanya menambahkan. (Nday)

To Top
error: Content is protected !!