DAERAH

Tokoh-tokoh Tu Konjo Kumpul di Hotel Denpasar

Bulukumba kabartimur-Laut memisahkan, kerinduan menyatukan. Adagium ini sepertinya berlaku bagi warga Tu Konjo Kabupaten Bulukumba. Tokoh-tokoh utama komunitas Tu Konjo yang hidup merantau bereuni di Makassar dalam Halal Bi Halal di Hotel Denpasar 26 juni semalam.

Shamsi Ali, imam besar masjid di New Yotk Amerika Serikat adalah salah satu warga Tu Konjo yang hadir pada acara silaturahmi ini. Jauh-jauh datang dari New York, Shamsi Ali pulang kampung ke tanah leluhurnya untuk bertemu keluarga dan kerabatnya.

Tidak hanya Shamsi Ali, tokoh-tokoh Tu Konjo lainnya ikut nimbrung di acara ini. Mereka adalah Prof Imran yang juga Komunitas Penutur Bahasa Konjo, Dr Marwan Mad, penulis sekaligus pengamat hukum nasional.

Wakil Bupati Bulukumba Tommy Satria menyambut hangat reuni Tu Konjo. Sebagai bagian dari pemerintah, dia mengaku senang syukuran Syawal ini berlangsung dalan suasana penuh kehangatan dan kekeluargaan.

Ketua Panitia Andi Badi Sommeng mengatakan halal bi halal diadakan untuk mempererat jalinan keluarga Tu Konjo. Katanya bahasa Tu Konjo perlu perhatian serius agar tetap lestari. “Jangan lupa bahasa daerah kita Tu Konjo. Harus dilestarikan,” katanya.

To Top
error: Content is protected !!