METRO

Halal Bihalal,  Bupati Ajak Semua Elemen Menjaga  dan Saling Menghargai Perbedaan

MANOKWARI- Halal Bihalal 2018 di lingkup pemda Manokwari berlangsung  dihadiri oleh seluruh ASN, unsur Forkopimda, Tomoh agama, masyrakat, dan sejumlah undangan lainnya.

Tradisi Halal Bihalal merupakan ciri khusus  yang ada  di indonesia dan merupakan rangkaian  perayaan Hari raya Idul Fitri yang merupakan kemenangan  Bagi umat Islam selama melaksanakan kewajiban puasa selama 1 bulan lamanya.

Lebaran merupakan wahana  terbesar untuk saling memaafkan dengan penuh keakraban dan persaudaraan, menghilangkan perbedaan antara sesama.

Hal ersebut diungkapkan Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dalam sambutannya (26/6).

Perayaan Halal Bihalal 2018 mengambil thema ” Dengan keragaman kita tingkatkan kerukunan antar umat beragama”.

“Melihat adanya banyak perbedaan baik dari suku, ras, bahasa, budaya, bahkan perbedaan agama maka melalui  Halal Bihalal saya mengajak  kepada semua elemen masyrakat untuk saling menjaga  dan saling menghargai perbedaan” ujar demas.

Jadikan perbedaan  untuk saling  melengkapi sehingga akan  menjadikan  kekuatan  dalam pembangunan.

Kekuatan  untuk menangkal  terorisme, radikalisme, bahkan kekuatan untuk melawan isu-isu yang dapat memecahbelah  bangsa dan akan  menjadikan  kekuatan  untuk membangun kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa ini” tambah Demas.

Menurutnya, Momentum ldulfitri juga harus   dimaknai  dengan kembali  kepada Fitrah  yakni bersih.

” Bersihkan hati kita dari kotoran dosa sehingga kalau hati kita bersih maka tindakan kita juga  akan bersih dari hala-hal yang negatif baik di rumah, lingkungan masyrakat maupuun di lingkungan kantor” Kata Demas.

Pihaknya  menghimbau untuk dapat mengambil peran dan revolusi mental seperti didengungkan pemerintah, untuk memperbaiki mental dan etika dalam masyrakat yang semakin terkikis dengan menyikapi arus  teknologi yang semakin pesat maupun mendukung pemda dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan masing-masing.

To Top
error: Content is protected !!