MANOKWARI

Terpilihnya Paul Mayor Karena Dukungan dari Sejumlah Tokoh Adat

MANOKWARI KABARTIMUR-Sejumlah tokoh adat dari wilayah Inanwatan, Metemani, Kokoda, dan Moy mendukung Paul Finsen Mayor sebagai pimpinan baru Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III yang sah secara hukum. Hal ini diungkapkan oleh beberapa tokoh-tokoh Adat Saat melakukan Jumpa Pers yang digelar di depan Toko Thio Sorong Sabtu (9/6).

“Kami mendukung penuh Ketua DAP Wilayah III Doberay yang dipilh dalam forum mulia yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juni lalu. Sudah lama kami merindukan pemimpin baru yang siap bekerja membantu kami masyarakat adat dalam menangani masalah-masalah tapal batas yang sampai hari ini belum terlaksana dengan baik,” ujar Yulius Aupe, S.Th.

Dikatakannya, Mananwir Paul Finsen Mayor adalah Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Itu Sah secara hukum karena telah melalui berbagai mekanisme dalam sebuah Konferensi yang dihadiri oleh Dewan Adat Suku diseluruh wilayah Doberay.

Menurut Aupe, jika Ada pihak-pihak yang mengatakan Konferensi Itu Ilegal maka hal itu dianggap keliru dan apatis. “Karena Jelas diatur dalam mukadimah dan PO DAP bahwa jka Ketua DAP berhalangan tetap dan/atau meninggal  dunia maka tidak akan digantikan oleh Pelaksana Tugas,”ungkap dia.

Saat Ditanya mengenai Pernyataan Warijo beberapa hari lalu, Aupe menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan undangan namun tak Ada satupun yang menghargai undangan panitia dan kegiatan akan tetap berjalan.

Ia berharap agar jangan  campur adukan urusan politik pemilihan umum, birokrasi dengan Adat. Selama ini selalu dicampuradukan sehingga tidak pernah serius menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat adat. Aupe menghimbau agar pihak-pihak yang merasa kurang puas dapat duduk dan selesaikan secara adat

To Top
error: Content is protected !!