METRO

BEM UNIPA Desak Penyusunan Perdasus Ketenagakerjaan 

MANOKWARI-Badan Eksekutif Mahasiswa, (BEM) Universitas Papua (UNIPA) Mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat (DPR-PB) segera merancang, membahas dan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus)  tentang ketenagakerjaan bagi orang asli Papua di Provinsi Papua Barat. BEM menganggap sejak tahun 2001 hingga 2018, OAP kesulitan mencari pekerjaan. 

Presiden Mahasiswa Unipa, Pilatus Lagoan mengatakan banyak anak-anak Papua yang terkesan menjadi pengemis diatas tanahnya sendiri. “DPR-PB, MRP dan Gubernur jangan tidur. Ada masalah serius yang harus ditindaklanjuti. Banyak kejadian dalam setiap perekrutan pegawai baik itu BUMN, BUMS sampai buruh kasar justru tidak memprioritaskan masyarakat asli,”ujarnya Jumat (8/6).

Ia mencontohkan, tes masuk tamtama dan bintara di Papua Barat sejak  2014-2018 terbukti banyak anak-anak asli Papua yang gugur lantaran tidak memenuhi Syarat. Oleh karena itu dia menyangsikan penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem online dapat mengakomodir orang asli Papua. 

To Top
error: Content is protected !!