METRO

Sosialisasikan 4 Pilar, Kardinal Ajak Praktekan Dalam Kehidupan

MANOKWARI- Anggota DPR RI yang juga merupakan anggota MPR RI Roberth Joppy Kardinal Selasa (5/6) bertempat di Aula SMA N 2 Manokwari mensosiasilasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. 4 pilar yang terdiri dari pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika, wajib disosialisasikan oleh seluruh anggota.

Dalam kesempatan tersebut, Kardinal mengajak agar 4 pilar tersebut harus dipahami dan di praktekan dalam kehidupan sehari-hari. ” 4 pilar ini penting karena jadi pemersatu bangsa.  Apalagi Indonesia terdiri dari berbagai suku agama, ras dan budaya. 4 pilar ini harus dihafal dan laksanakan, terlebih lagi dengan era globalisasi dan kemajuan teknologi. Jika tidak dikelola baik maka akan lebih banyak dampak negativnya dibanding positiv. Meskipun memang hal itu tidak bisa ditampik di era milenia ini,”ujar dia.

Diungkapkannya, di Papua Barat juga saat ini generasi muda terancam dengan peredaran minuman keras (miras), lem aibon, narkoba dan juga seks bebas. Untuk itu perlu ada penguatan dari diri masing-masing generasi muda. “Generasi muda ini merupakan massa depan bangsa. Untuk itu harus disiapkan dari sekarang agar bisa memilili rasa cinta tanah air dang bangga dengan Indonesia. Benteng utama itu dari dalam keluarga, karena siswa ini waktunya lebih banyak di rumah,”tambah dia.

Pelajaran budi pekerti dianggap penting untuk kembali menjadi mata pelajaran di sekolah. Untuk itu dia mengatakan akan berjuang agar dapat kembali masuk dalam kurikulum sekolah. Saat ini dengan penerapan K 13, siswa juga dituntut memiliki sikap yang baik karena menjadi salah satu unsur penilaian. Oleh karena sikap dan prilaku siswa harus berlandaskan 4 pilar. (Tqa)

To Top
error: Content is protected !!