METRO

Atasi Ketimpangan Tenaga kesehatan daerah Terpencil, Pemda Manokwari dan kemenkes RI Teken Mou

MANOKWARI – Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan menandatangani  MoU dengan kementrian kesehatan RI, Selasa (5/6/2018), untuk penempatan 8 orang tim nusantara sehat di puskesmas distrik Tanah Rubuh, yang akan mengabdi selama 2 tahun.

Kepala dinas kesehatan kabupaten Manokwari, dr. Hendri Sembiring, dalam laporannya mengatakan manokwari mendapatkan jatah 2 Tim, yang terdiri dari tim based nusantara sehat dan nusantara sehat individual.

Program kerjasama ini sendiri dijalankan untuk mengatasi ketimpangan tenaga kesehatan yang ada dipuskesmas daerah terpencil dan kepulauan.
“Sebenarnya Manokwari mengusulkan untuk distrik Sidei dan distrik tanah rubuh, namun tahun ini baru dijawab untuk puskesmas tanah rubuh,” kata Sembiring.

Tim yang yang beranggotakan 8 orang tenaga medis tersebut terdiri dari 5 orang tim based nusantara sehat yakni dokter, bidan, perawat, farmasi, dan kesehatan masyarakat. Sementara dari rim nusantara sehat Individual berjumlah 3 orang, yakni Ahli laboratorium medik, ahli gizi, dan ahli kesehatan lingkungan.

“Mereka akan Bertugas selama 2 tahun, dimana pembiayaannya berasal dari kementrian kesehatan RI. Dukungan dari pemerintah daerah adalah penjemputan dan perumahan tinggal tim selama berada ditempat tugasnya,” tambah Sembiring.

Beberapa rencana program yang akan dilaksanakan selama 2 tahun yakni, (Buset) ibu sehat, (Rampas) remaja papua sehat, (Beramal) berantas malaria, dan (Porsi) pojok relawan gizi.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dalam kesempatannya juga mengatakan kerjasama ini sangat membantu pemerintah daerah dalam melakukan pelayanan terutama dibidang kesehatan ditingkat paling bawah yakni Puskesmas.

“karena kondisi wilayah tanah rubuh sendiri jaraknya cukup jauh dari kota, dengan pelayanan yang tersedia tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. semoga kerja sama ini bisa berlanjut untuk mewujudkan indonesia sehat,” jelas Demas

Dengan kehadiran tim nusantara sehat yang bertugas di puskesmas Tanah Rubuh, tentunya akan membangkitkan semangat pelayanan kesehatan diwilayah tersebut.(IMS)

Seperti diketahui, Tanah rubuh sendiri memilii akses paling jauh dengan distrik lainnya di kabupaten Manokwari.

To Top
error: Content is protected !!