DAERAH

Dandim 14-14 Tator Lepas Brigade Turun Sawah di Kec. Mengkendek

Tana Toraja Kabartimur.Com

Program Pola Tanam Semusim yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dilepas oleh Dandim 14-14 Tator Letkol. Czi Hiras MS. Turnip, M. SI, (Han) di Kelurahan Tampo Kecamatan Mengkendek Selasa, 27/03/2018, dihadiri oleh Camat Mengkendek, S. Sampelino, S. Pt, M.S, Polsek Mengkendek, Koramil Mengkendek , Kepala Lembang/Lurah se-Kecamatan Mengkendek, Tokoh Masyarakat dan Para Kelompok Tani.

Kepala Dinas Pertanian diwakili Yohanis Some’, SP Kepala Bidang Tanaman Pangan mengatakan Program Pola Tanam Semusim ini Adalah merupakan programa Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang harus kita dukung melalui visi-misinya, sehingga melalui Pola Tanam Semusim ini kita harapkan dalam satu tahun bisa 5 kali panen.

Tujuan dan maksdud dari tanam serentak ini adalah salah satunya memutuskan siklus hama, dan tentunya dengan pola tanam semusim ada perubahan, contohnya di Tahun 2017 di Kec. Sangalla Utara yang sebelum Pola tanam serentak mendapatkan 4 Ton dan setelah Pola tanam serentak  mendapatkan 7 ton, ini salah tahun manfaat dengan adanya pola tanam serentak, jelas Some’.

Tahun ini Pemerintah Kab.Tana Toraja kucurkan dana untuk 19 Kecamatan dari 100 zona dengan total anggaran 4,4 miliar, ini  semua untuk rakyat bukan siapa-sipa, untuk itu dengan waktu 14 hari yang diberikan oleh Dinas pertanian, sekiranya dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Menurut Some’ Operator Handtraktor mendapat honor Rp. 3 juta per orang  selama 14 hari kerja dengan Lima Tititk, bahkan Dinas Pertanian menyiapkan anggaran untuk kerusakan-kerusakan ringan pada Hantraktor yang dipergunakan selama 14 hari kerja mulai Jam 8-4 Sore. Tapi kerusakan-kerusakan ringan tentu disertai bukti-bukti untuk bisa dibayarkan.

Semntara Dandim 1414 Tator Letkol. Czi Hiras MS. Turnip, M. SI, (Han) dalam sambutannya mengatakan bahwa Pencanangan Pola Tanam Semusim adalah Program Pemerintah Pusat yang juga sudah ada kesepahaman dengan TNI AD dalam hal ini Kementerian Pertanian dengan TNI AD, untuk mendampingi upaya khusus Pertanian.

Dan Program Pola Tanam Semusim ini ternyata sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, sehingga Pemerintah Kab. Tana Toraja mengajak Kodim untuk mendampinginya. Tugas kami untuk mendampingi dan sebagai motifator dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka Ketahanan Pangan.

Hal ini sejalan dengan Visi-Misi Nico-Victor,  “Jangan Biarkan Rakyatku Lapar”, ini juga sejalan dengan Program Nasional, sehingga kami dari TNI AD turut menyukseskannya. Kita patut mengucapkan terima kasih ke Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja, jelas Czi Hiras.

Sebaiknya waktu yang diberikan oleh Pemerintah selama 14 hari ini dimanfaatkn sebaik-baiknya oleh Petani untuk menyelesaikan lahannya, dan rekan-rekan kami di lapangan ada, seperti, Penyuluh, Babinsa, Babinkamtibmas, untuk  mendampingi sehingga program ini bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya dengan sebesar-besarnya, jelas Czi Hiras mengajak Petani, (titus)

To Top
error: Content is protected !!