METRO

Bupati Tana Toraja Resmikan Rumah Singgah di Saluallo

KABARTIMUT TANA TORAJA-Program Rumah Singgah adalah Program Pemerintah Kabupaten Tana Toraja sekaligus  yang pertama di realisasikan di Kecamatan Sangalla’ Utara Lembang Saluallo dan diresmikan langsung oleh Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae Rabu 21 Maret 2018. 

 

Peresmian Rumah Singgah di Lembang Saluallo ini di hadiri oleh Plt. Sekda Tana Toraja Samuel Tandibura, Anggota DPRD, OPD, Camat, Ketua KNPI Tana Toraja, Lurah/Lembang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan beberapa undangan lainnya.

Camat Sangalla’ Utara dalam sambutannya mengatakan rumah singgah yang diresmikan ini adalah yang pertama di Kecamatan Sangalla’ Lembang Saluallo, Kab. Tana Toraja yang dibantu oleh Bupati Tana Toraja lewat Program Pemerintahan Nico-Victor. Atas nama masyarakat Kec. Sangalla’ Utara kami ucapkan terima kasih, jelas Camat Sangalla’ Utara.

 

Sementara Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya menjelaskan bahwa Rumah singgah bukanlah diartikan hanya bangunan saja tetapi yang dimaksudkan disitu adalah bangaimana melayani sesama manusia. Contohnya Pendeta dan Pastor melayani sesama manusia, Pemrintah juga melayani sesama manuasi, Itu yang disebut pelayanan kepada masyarakat. Hanya sebutan yang berbeda-beda, tapi semuanya itu demi kemaslahatan rakyat atau masyarakat. Jelas Nico.

 

Rumah Singgah yang pertama di Toraja ini dilengkapi sarana dan prasarana seperti Ruang Dokter, Kamar Pasien, Kamar Obat, Kamar Bersalin, Dapur, Ruang Petugas serta diperlengkapi Tenaga Medis dan Tenaga Perawat sebanyak 10 orang yang akan mengurus pasien rumah singgah.

 

Bahkan sarana prasarana yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk menampung dan memberikan pelayanan, baik secara jasmani maupun rohani kepada masyarakat Toraja yang membutuhkan perlakuan khusus atau yang berkekurangan seperti, penderita gangguan jiwa, penyandang disabilitas, anak yatim piatu, orang tua jompo, dan fakir miskin.

 

Dan Rumah singgah ini digagas melalui Dinas Sosial yang  bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Rumah Sakit Lakipadada serta Forum Kerukunan Antar Umat Beragama, Pemerintah Kecamatan, Lurah, Lembang. jelas Nico lagi. (titus)

To Top
error: Content is protected !!