AGAMA

Keutamaan Berdzikir Terhadap Rezeki Manusia

Banyak yang berpikir bahwa dengan menyebut-nyebut nama Allah saja maka kita akan selamat dan mendapatkan rezeki yang banyak. Tentu saja, bukan hanya sekedar itu untuk bisa mendapatkan kenikmatan dan rezeki dari Allah SWT.

Sama hal-nya seperti orang yang selalu memuji-muji atasannya, akan tetapi ia selalu lalai dalam melaksanakan tugas atau melaksanakan perintah. Tentu saja, hal ini akan menjadi pertimbangan bagi sang atasan. Begitupun dengan kita terhadap Allah SWT.

Berikut adalah penjelasan bahwa berdizikir memiliki dampak terhadap rezeki manusia.

Mendatangkan Kehalalan Rezeki Bagi Manusia
Dengan berdzikir, manusia akan senantiasa bahwa usaha dan ikhtiarnya senantiasa dinilai dan dilihat oleh Allah SWT. Usaha yang disertai dzikir akan membuat manusia senantiasa mencari rezeki yang halal dan diridhoi Allah, bukan sekedar mendapatkan harta atau hasil yang banyak tetapi haram. Untuk itu, berdzikir membantu kita dalam membukakan rezeki yang halal bagi manusia serta membukakan kesuksesan Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam.

Selalu Berikhtiar dengan Hukum dan Sunnatullah yang Allah tetapkan
Dengan senantiasa berdzikir dan mengingat hukum-hukum Allah di segala aspek (hukum, ekonomi, sosial, budaya, politik, dsb) kita akan selalu berikhtiar atas ilmu pengetahuan yang benar bukan yang sesat. Ilmu pengetahuan yang benar, yang sesuai dengan Sunnatullah yang Allah tetapkan akan membuat manusia semakin bisa mengali apa yang ada di dalam alam semesta ini.

Contohnya saja, jika seseorang yang benar-benar menggali perekonomian dalam islam, seperti halnya Etika Pemasaran dalam Islam, Etika Jual Beli Dalam Ekonomi Islam, dan juga Fungsi Uang Dalam Islam sebagaimana yang telah Allah tetapkan. Sehingga, ia akan mendapatkan banyak harta dan keberkahan atas hartanya karena mampu menggali ilmu ekonomi dan persaigan ekonomi secara benar di setiap konteks masyarakat.

 

Menyerahkan Hasil Ikhtiar Kepada Allah
Orang yang berdzikir, akan senantiasa menyerahkan hasil ikhtiar kepada Allah SWT. Ia akan menyerahkan ketika segala ikhtiarnya telah dilakukan sesuai hukum-hukum sunnatullah yang ada. Setelah semua dilakukan maka akan memasrahkan apapun kepada Allah SWT. Dengan begitu, dzikir membuat kita lebih ikhlas dan tawakal atas rezeki yang Allah berikan. Manfaat Tawakal Kepada Allah SWT tentunya akan mendatangkan ketenangan dan keikhlasan kita dalam menerima apapun realitas yang akan kita hadapi sesulit apapun itu.

Tidak Akan Berputus Asa Akan Rezeki di Dunia
Dengan berdzikir, seseorang akan senantiasa mengingat bahwa di dunia ini yang memiliki harta dan segala kenikmatan yang ada di alam semesta adalah Allah. Jika ia senantiasa mengingat hal tersebut, ia tidak akan ketakutan kekurangan rezeki atau kekurangan nikmat karena semua yang ada ini dimiliki oleh Allah SWT.

Ia tidak akan bergantung kepada selain Allah apalagi sampai meninggalkan keimanan atau aturan-aturan Allah demi mendapatkan rezeki yang diinginkannya.(**)

To Top
error: Content is protected !!